Komunitas Belajar Sejahterakan Indonesia: Bahu-Membahu Cerdaskan Anak Bangsa

Pendidikan yang merupakan tonggak majunya sebuah bangsa, ternyata belum sepenuhnya dirasakan oleh semua kalangan. Pada kenyataannya, anak-anak dari keluarga tak mampu dan anak-anak jalanan masih belum diperhatikan secara maksimal dalam hal pendidikannya. Oleh karena itu, didirikanlah Komunitas Belajar Sejahterakan Indonesia (KBSI), komunitas yang merupakan sebuah langkah kecil, namun sebuah perwujudan dari sebuah gerakan anti kebodohan terhadap bangsa dan negara.

Komunitas ini bergerak bersama masyarakat dan peduli terhadap pendidikan di Indonesia, dengan penuh keikhlasan dan kepedulian akan saling bahu membahu untuk membantu mencerdaskan anak bangsa. KBSI akan mematangkan pelajaran anak SD dengan cara memberikan les gratis dan membantu mengembangkan bakat seni dari setiap anak.

Pada tanggal 12 Agustus 2012 lah, KBSI membuat langkah besar, yakni peresmian chapter pertamanya, yakni chapter Menteng. Launching dilakukan dengan mengadakan buka puasa bersama dengan anak-anak di daerah padat penduduk di daerah Menteng. Pada perkembangannya, komunitas ini banyak menginspirasi orang-orang untuk bergabung didalamnya. Dari awalnya, hanya beranggotakan para mahasiswa Akademi BSI. Dari mulut ke mulut, sosial media dan juga pamflet yang disebar ke berbagai universitas, komunitas ini terus berkembang. Dan sekarang telah tercatat puluhan mahasiswa dari berbagai universitas negeri maupun swasta telah terdaftar didalamnya.

Semakin bertambahnya relawan yang bergabung, juga membuat pengurus KBSI semakin semangat untuk mengembangkan komunitas ini ke berbagai daerah. Dan akhirnya, terbentuklah chapter kedua dari KBSI, yakni KBSI Chapter Manggarai. Yang secara resmi, dikenalkan kepada masyarakat manggarai pada bulan Agustus 2013. Dengan memiliki visi untuk memprioritaskan kemajuan bangsa Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas, terprogram dan senantiasa saling membantu serta menjalin hubungan baik dengan masyarakat, komunitas ini mewujudkannya dalam bentuk misi sebagai berikut:

  • Berperan aktif dalam membantu masyarakat dalam hal pendidikan dan mendukung program untuk memajukan pendidikan di Indonesia.
  • Mempersiapkan pemuda-pemudi yang unggul, berperan serta membangun generasi muda yang berkualitas dan bertanggung jawab.
  • Ikut serta berperan dalam membangun budaya pendidikan gratis, sehingga belajar menjadi menyenangkan tanpa beban ekonomi.
  • Aktif dalam mengembangkan bakat anak didik, sehingga anak didik mempunyai peranan yang unggul di masyarakat.

FOTO: DOK. KOMUNITAS BELAJAR SEJAHTERAKAN INDONESIA

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *