Turun Tangan Surabaya Ikuti Urban Citizenship Academy

Relawan TurunTangan Surabaya mengikuti Urban Citizinship Academy (UCA) 2016 di Gedung BPPNFI, Jalan Gebang Putih 10 Sukolilo, Surabaya, Sabtu – Minggu (5-6 Maret 2016).

UCA merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Kota Kita Solo dengan tujuan memberikan metode-metode yang biasa Kota Kita gunakan untuk menyusun sebuah proposal yang diajukan, salah satunya metode pemetaan dan teknik pengumpulan data. UCA pertama diluncurkan di Malang pada 18-19 April 2015. Saat itu, Kota Kita bekerjasama dengan TurunTangan melakukan pelatihan terhadap 35 aktivis muda kota Malang.

Selama dua hari, relawan TurunTangan Surabaya mendapat materi tentang urban dan pemetaan. Pematerinya dari tim kota kita. Mereka diberikan pengetahuan bagaimana melakukan penelitian di lapangan dan bagaimana cara merumuskan masalah, mulai dari pembuatan problem tree (pohon masalah) sampai langkah-langkah melakukan pendataan masalah.

Setelah itu, mereka turun ke lapangan untuk melakukan survei  dan mengambil data kualitatif maupun kuantitatif dari warga. Survei dilakukan di Jalan Bratang Gede, Kelurahan Ngagel Rejo, Surabaya. “Tepatnya di Rw 11 dan 12,” kata relawan TurunTangan Surabaya, Pratiwi Bestariati.

Adapun data-data yang diambil yaitu jumlah penduduk, warga miskin, rumah, Kepala Keluarga (KK), anak usia sekolah 7-8 tahun dan yang putus sekolah. Data ini yang kemudian dianalisis untuk mencari pusat permasalahan di setiap tempat dan menemukan solusinya. “Hasil survei lapangan saling dipresentasikan di hadapan peserta UCA,” katanya.

Sumber: http://blog.turuntangan.org/turuntangan-surabaya-ikuti-uca-2016/

FOTO: DOK. Turun Tangan Surabaya

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *