Turun Tangan Medan Adakan Kegiatan Penutup Program Environment Care

Pada hari Minggu, 28 Februari 2016, Komunitas TurunTangan Medan (TTM) mengadakan penutupan kegiatan di kampung binaan mereka, yang merupakan bagian dari program “Environment Care of TurunTangan Medan” (ECO-TTM) yang mengangkat isu lingkungan, dilakukan di sebuah perkampungan di bantaran Sungai Deli, Kampung Aur, Medan Maimun, Medan.

Kegiatan diisi dengan penyerahan tempat sampah, peresmian rumah baca dan hiburan, hal ini dikarenakan masyarakat Kampung Aur masih bergantung pada sungai untuk mandi, cuci, dan kakus, walaupun Sungai Deli sudah tercemar oleh sampah. Namun kebiasaan masyarakat kerap membuang sampah di sungai dengan alasan tidak tersedianya tempat pembuangan dan pengangkutan sampah dari Dinas Kebersihan Kota Medan.

Rangkaian kegiatan ECO-TTM telah dimulai pada Maret 2015, dengan kegiatan awal difokuskan pada membersihkan lingkungan di sekitar rumah warga. Relawan TTM dan masyarakat Kampung Aur saling bergotong royong mencari sampah di sekitar rumah warga. Mereka juga mengadakan penyuluhan tentang menjaga kebersihan, salah satunya adalah cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Berbagai permainan juga dilakukan di sela-sela kegiatan untuk mendekatkan relawan dengan anak-anak Kampung Aur.

Kemudian pada Mei sampai Agustus, TTM mengajarkan anak-anak Kampung Aur berkreasi membuat pot bunga dari botol plastik dan mengadakan sunat massal bekerjasama dengan Tim Bantuan Medis (TBM) Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK UISU). Serta mengadakan pesantren kilat dan kampung anti korupsi.

Dan pada bulan Agustus, ECO-TTM mengajak komunitas-komunitas di Kota Medan untuk ikut terlibat dan menjadikan kampung Aur sebagai kampung binaan. Beberapa komunitas yang terlibat diantaranya, HILO Green Community, BOSH, Medan Heritage, Sanggar Kreatif, dan Mahasiswa Kedokteran Indonesia Bersatu. Bersama komunitas-komunitas itu TTM mengadakan penyuluhan tentang bank sampah, ekonomi kreatif untuk ibu-ibu dan anak-anak, pembuatan tempat sampah, menghidupkan perpustakaan, dan periksa kesehatan gratis.

Sumber: Blog Relawan Turun Tangan

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *