Mata Kerling: Tumbuhkan Kesadaran dan Kepedulian di Masyarakat

Berdirinya komunitas ini dilandaskan pada keprihatinan sekaligus cita-cita masa depan sebagai manusia-manusia beriman bahwa terjaganya keasrian lingkungan dan keseimbangan alam adalah kewajiban manusia sebagai khalifah bumi. Sementara, berbagai kemajuan zaman banyak menunjukan gejala yang mengarah pada kerusakan lingkungan. Sampah, karbon, plastik, hutan terbakar, pemanasan global, banjir dan ketidakstabilan iklim, tidak hanya diartikan sebagai bencana, tetapi ini merupakan satu cermin bahwa belum adanya tindakan manusia yang memiliki keutuhan iman.
Di lain sisi, masyarakat telah diajarkan untuk menggantungkan pada bantuan pihak luar tatkala ingin mengambil inisiatif dan tindakan-tindakan sosial dalam kerangka masalah ini. Padahal, sesungguhnya ada banyak pilihan, ada banyak cara untuk melakukan kerja-kerja lingkungan tanpa harus sepenuhnya dibantu pihak luar.
Lima pilar program Komunitas Mata Kerling adalah 1). Gerakan Kertas Bekas untuk infaq; 2). Menabung air; 3). Desaku, suaka beribu burung; 4). Pelatihan jurnalisme untuk remaja. 5). Membaca Alam Tuhan. Kelima pilar program ini merupakan serangkaian aktivitas yang bertujuan memberikan pendidikan bagi masyarakat yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran, kepedulian dan memberikan contoh tindakan awal dalam menjaga tatanan lingkungan.
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *