Rawat Sepeda Tuamu Dengan Cara-Cara Berikut Ini!

Sepeda tua atau sepeda onthel memiliki keunikan tersendiri. Hal ini yang membuat banyak orang jatuh cinta dengan sepeda onthel. Karena termasuk barang dengan usia tua, pemeliharaan sepeda onthel membutuhkan perhatian khusus.
Berikut ada tips mengenai perawatan yang dapat membuat sepeda onthel terlihat cemerlang dari Komunitas KOSTI Cirebon:
  1. Waspada air dan jemur sadel sepeda
    Tempat duduk sepeda atau jok atau sadel sepeda yang terbuat dari kulit hewan tidak bersahabat dengan air, karena sadel atau jok akan lembab dan menimbulkan bau yang tidak sedap dan fatalnya sadel bisa rusak. Jika sampai sadel terkena air hujan saat anda bersepeda, segera bersihkan dan keringkan jok. Agar jok awet dan tidak bau akibat lembab. Cara membersihkan dan mengeringkan sadel sederhana saja, yaitu dengan menjemur sepeda di bawah sinar terik matahari di siang hari.
  2. Kain penutup sepeda
    Jika sepeda tidak dipakai, simpanlah di ruangan yang kering, dan tutup sepeda dengan kain atau penutup khusus sepeda. Tujuannya agar sepeda anda tidak kotor akibat debu, dan terlindungi dari air yang mungkin saja akan kena sadel atau sepeda anda.
  3. Rajin dibersihkan
    Ada jenis sadel sepeda onthel yang tebuat dari kulit akan banyak menempel kotoran, dan jika tidak rajin kita bersihkan kotoran akan menempel dan susah hilang. Bersihkan setelah kita pakai, atau minimal seminggu satu kali dibersihkan jika jarang dipakai.
    Cara membersihkan sadel sepeda onthel dengan memakai kain lap yang basah, lalu lap bagian sadel yang kotor. Ulangi sampai kotorannya rontok. Kami menyarankan jangan menggunakan sabun, karena kandunagn zat kimia dalam sabun justru akan merusak kulit sadel sepeda.
Sangat mudah bukan merawat sadel sepeda onthel agar terus terjaga dan terawat. Semoga bermanfaat!
FOTO: DOK. Akun Instagram ranu_jaka_prasetya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *