Komunitas Seni Lobo: Bergerak Dalam Bidang Pendidikan Berbasis Seni Budaya

Komunitas Seni Lobo berdiri diawal tahun 2013 (1 Januari) yang tidak hanya bekerja atau berproses untuk penciptaan dan pengkaryaan saja, tapi juga bergerak dalam bidang Pendidikan berbasis Seni Budaya. Komunitas ini merupakan lembaga kesenian nirlaba yang resmi. Komunitas ini tidak begitu menghitung kuantitas, namun kualitas kerja / karya dari masing-masing individu, agar menjadi insan kesenian yang berguna di lingkungannya sendiri. Kerja-kerja keseniannya didukung oleh Mitra atau Jejaring di wilayah Kota Palu, Sulawesi Tengah, dan beberapa Kota di Indonesia baik itu Lintas Komunitas, Media Seni dan Individu.
Komunitas ini dibentuk dari sebuah kegelisahan yang awalnya dari Pendidikan Kesenian dan Karya Kolektif Seni Pertunjukan di kota Palu. Terdiri dari beberapa pekerja seni dari berbagai latar belakang seni berbeda yang secara intens telah mementaskan karya-karya mereka di beberapa wilayah kota di tanah air maupun mancanagara baik bersifat Kompetisi, Festival atau Pergelaran.  Hadir sebagai sebuah “ruang ekspresi dan apresiasi seni” bagi kehadiran proses-proses baru yang menggairahkan melalui pertunjukan teater, tari dan musik dengan spirit learning process. Komunitas ini juga diresmikan tepat 1 Januari 2013, namun anggota-anggota didalamnya meliputi pelaku seni/individu yang telah lama menggeluti dunia seni di Sulawesi Tengah yang telah memiliki ‘nama’ di wilayah ini dengan karya-karya mereka. 

Nama Lobo sendiri diambil dari salah satu bentuk bangunan tradisional pada etnis Kulawi yang berada dalam wilayah Kabupaten Sigi, Propinsi Sulawesi Tengah. Pada masa lampau bangunan Lobo memiliki peranan yang besar dalam kehidupan etnis Kulawi, yang tidak saja berfungsi praktis tetapi berperan penting dalam kehidupan sosial dan religius. Memakai nama Lobo dalam Komunitas ini memiliki alasan tersendiri, melihat dari fungsi Lobo itu sendiri sebagai tempat bermusyawarah, tempat rembug dan pengadilan adat, tempat pelaksanaan upacara adat, dan tentunya Rego sebagai salah satu kesenian tradisi yang telah diwariskan dari generasi ke generasi di wilayah Kulawi, diharapkan bahwa Komunitas Seni Lobo ini nantinya bisa menjadi satu ruang bagi seluruh pekerja seni di Kota Palu untuk berproses kesenian, menjalin kemitraan atau membangun art networking (jaringan kesenian) yang lebih meluas, serta memfasilitasi pengaplikasian ilmu seni kepada pelajar-pelajar di Kota Palu.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *