Komunitas Berkebun Organik 1000 Kebun; “Hidupku Sehat Bumiku Sehat”

Lebih kurang seratus orang dari berbagai kalangan turut memeriahkan kegiatan bertajuk “Hidupku Sehat Bumiku Sehat” pada Jumat (22/4), di Gedung Damian School, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Bumi ini diselenggarakan oleh Damian School bersama Komunitas Berkebun Organik 1000 Kebun dan RS Cahya Kawaluyan.

Dalam acara ini digelar berbagai kegiatan, seperti seminar dan lokakarya “Hidup Sehat dan Makan Pintar” dengan pemateri Arum Oktaviani, AMG dari RS. Cahya Kawaluyan, talkshow bersama Dika Petani Cilik, dan edukasi gaya hidup ramah lingkungan oleh Kebon Belajar, Serasa, Jendela Alam, My Mooi, dan Ecocamp. Selain itu, ada pula pasar sehat yang diisi oleh berbagai macam tenant aneka kuliner, sayuran, buah-buahan dan karya seni pemanfaatan barang bekas turut meramaikan kegiatan tersebut.

Ika Meliana, Kepala Sekolah Damian School, mengatakan, kegiatan “Hidupku Sehat Bumiku Sehat” ini sejalan dengan visi sekolah mereka yang mengajarkan siswa-siswinya untuk peduli pada lingkungan sekitar dan pola hidup yang sehat.

“Peringatan Hari Bumi internasional harus dirasakan bersama oleh semua usia, termasuk siswa-siswi Damian School. Penting untuk mereka mendapatkan pengetahuan baru seperti dalam hal makanan yang baik untuk tubuhnya dan alamnya,” ujar Ika saat ditemui Greeners di area pasar sehat.

Ika menambahkan, Kota Baru Parahyangan merupakan kawasan perumahan yang dibangun dengan memperhatikan keseimbangan antara pendidikan, ekonomi, sosial dan lingkungan. Menurutnya, agar kehidupan masyarakat lebih berkualitas, kegiatan semacam ini perlu dilakukan secara rutin dengan melibatkan lebih banyak pihak.

Salah satu peserta tenant pasar sehat, Sri Putrianti mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi sesama anggota Komunitas Berkebun Organik 1000 Kebun yang turut mengisi pasar sehat. Komunitas yang berdiri sejak 2 Juni 2015 ini menganggap momen peringatan hari bumi internasional dirasa penting.

“Momen yang bertepatan dengan Hari Bumi internasional menjadi salah satu cara anggota Komunitas Berkebun Organik 1000 Kebun dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat kepada masyarakat Kota Baru Parahyangan di berbagai kalangan, seperti anak-anak dengan kegiatan membuat karya seni daur ulang dan orang tua siswa dengan edukasi akan kuliner sehat ,” ujar Putri yang mewakili Green Citarum.

Kegiatan ini dimeriahkan oleh berbagai tenant seperti Mimicoco, Kebunbond, Yummylk, Sweetdates Juice, Salam Sehat, Planter Craft, Sahabat Kertas, Green Citarum, Veggies Stick, Herbcik, Mooscious, Punten Courier, GSSI, The Menthilis Project, Moyster, dan Jambu Kristal Gurnita.

Sumber: Greeners

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *