APINDO Sulteng: Dukung Bulog Beli Jagung

Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulawesi Tengah (Sulteng) Achrul Udaya mendukung langkah Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk membeli komoditi jagung dan komoditas lain panenan petani.

“Saya pikir tidak hanya membeli beras, tetapi juga berbagai komoditi strategis lainnya, termasuk jagung,” ujar Achrul, Senin (25/4/2016).

Menurut dia, bila Bulog membeli jagung maka petani tidak akan lagi kesulitan untuk memasarkan hasil panen dengan harga yang layak. Selama ini, petani menjual hasil panen langsung kepada pedagang pengumpul dengan harga yang bisa dipermainkan.

Ia menjelaskan, hal itu terjadi karena selama ini untuk komoditi diluar beras, termasuk jagung harga mengikuti perkembangan pasar. “Kalau harga di tingkat pengecer naik, maka di tingkat produsen naik dan sebaliknya,” jelas dia.

Dengan demikian, tambahnya, petani tidak ada pilihan lain menjual jagung kepada pedagang pengumpul yang biasanya datang membeli langsung ke petani. Namun, dengan kehadiran Bulog membeli jagung, otomatis petani punya pilihan atau alternatif menjual hasil panen.

“Kalau harga pembelian Bulog lebih tinggi dari pedagang pengumul, maka petani akan menjual kepada Bulog dan sebaliknya,” pungkas dia.

Foto dan narasi diambil dari sumber.

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *