Komunitas Jurnalis Rafflesia Gelar Aksi Damai Peringati Hari Kartini

Puluhan jurnalis perempuan yang bergabung dalam Komunitas Jurnalis Rafflesia Kota Bengkulu menggunakan kebaya saat meliput sebagai aksi memperingati Hari Kartini 2016, Kamis (21/4/2016).

Sofia Harianja, jurnalis RRI Bengkulu saat meliput kegiatan Pemprov Bengkulu mengatakan aksi para jurnalis itu untuk mengapresiasi perjuangan Kartini.

“Kartini merupakan pelopor bagi kemajuan perempuan Indonesia,” kata dia.

Sebelum kembali menjalankan rutinitas masing-masing, para jurnalis tersebut menggelar aksi damai di kawasan Simpang Lima dan menyampaikan sejumlah aspirasi.

Koordinator aksi, Komi Kendy dari Harian Rakyat Bengkulu membacakan tujuh pernyataan sikap para jurnalis itu yakni menolak segala bentuk kekerasan dan pelecehan seksual terhadap jurnalis perempuan dalam menjalankan tugasnya.

Kedua, memberikan kesempatan jenjang karir serta ruang yang berkaitan dengan pengambilan kebijakan sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas, ketiga, memberikan porsi untuk peliputan isu yang berkaitan dengan perempuan.

Keempat, memberikan ruang untuk menggunakan narasumber perempuan, kelima, memberikan jaminan kesehatan, keselamatan kerja dan jaminan sosial pada jurnalis perempuan sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.

Keenam, memberikan hak cuti kepada jurnalis sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku. Khususnya hak cuti melahirkan, serta poin ketujuh memberikan kesempatan mengikuti pelatihan keterampilan untuk meningkatkan kapasitas diri.

Aksi simpatik tersebut juga dihadiri Wakil Wali Kota Bengkulu Patriana Sosialinda dan sejumlah aktivis perempuan setempat.

Sumber: Teropong Senayan

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *