Hal-Hal Yang Harus Kamu Lakukan Jika Kucingmu Hilang

Mencari kucing hilang, memang susah susah gampang. Di beberapa negara maju, semua kucing menggunakan microchip, ada yang bisa di Read/Write (seperti diskcopy pada komputer), bahkan ada yang berupa GPS, terutama untuk kucing berpemilik, kucing-kucing yang tinggal di shelter, yang bertujuan untuk pendataan, riset dan pengaman jika hilang.

Berhubung sekarang ini negara kita belum bisa menyediakan fasilitas seperti itu, terpaksa ada kesulitan tersendiri, beberapa kucing ras ada yang sudah dilengkapi dengan microchip, tapi masih berupa data-data kucing, untuk yang berupa GPS belum ada sepertinya, dan microchip juga hanya bisa dibaca di klinik-klinik besar atau Club kucing tertentu.

Nah, berikut ada tips dari Komunitas Peduli Kucing, apa saja yang harus kamu lakukan saat kucingmu hilang;

  1. Mencari sesegera mungkin. semakin cepat kita mencari kemungkinan bertemu kucing lebih cepat, karena biasanya kucing belum jauh ( kecuali jika terbawa kendaraan, atau dicuri orang dengan membawa ke tempat jauh untuk dijual, atau dibuang jauh oleh orang), minta bantuan keluarga dan teman untuk membantu mencari kucing tersebut agar bisa membagi tugas pencarian. dan mulailah mencari di lingkungan tempat kucing itu tersebut hilang.
  2. Jika kucing anda belum disteril, agak sulit memang karena dia biasanya akan mencari pasangan berdasarkan bau yang dikeluarkan pada saat birahi bisa kesegala arah, tapi jangan putus asa, biasanya tidak akan terlalu jauh dari batas wilayah teritorinya, kalaupun tersasar karena berkelahi dengan kucing tertentu tidak akan terlalu jauh, jangan putus asa untuk tetap mencari.
  3. Jika hilang masih di wilayah sekitar rumah, mulai mencari tempat mereka biasa bermain, panggil nama kucing kemudian diam untuk menyimak apakah ada sautan dari si kucing.
  4. Mencari di jam makan, kucing mencari makan pada saat pagi di bawah jam 10 pagi dan setelah jam 3 sore, diluar itu terutama di saat siang hari merupakan jam tidur mereka, jika sudah hilang berhari-hari mulailah mencari di tempat yang menjadi bisa menjadi tempat mencari sumber makanan, seperti kantin, restorant, tempat pembuangan sampah restorant atau rumah.
  5. Jika hilang di tempat asing bukan wilayah rumah, berusaha berkeliling di tempat yang sama – “setiap hari” pada saat jam mencari makan dan tempat sumber makanan terdekat dari tempat hilang, dengan teknik panggil dan menyimak, biasanya kalau di tempat asing kucing tidak akan menyahut jika dipanggil, karena mereka takut dengan tempat asing dan predator yang ada di tempat asing, jika mereka ketakutan terkadang hanya sembunyi diam ketakutan dan tidak sadar jika namanya dipanggil, kesadaran untuk berani menyahut itu akan timbul dalam beberapa hari, jadi jangan pernah menyerah, usahakan yang memanggil pemiliknya kalau orang lain biasanya mereka tidak akan menyahut karena kucing tidak mengenalinya.
  6. Carilah ditempat-tempat tersembunyi, karena karakter kucing yang takut dengan tempat asing atau apakah kucing tersebut sebelum hilang sudah terlihat menunjukan gejala sakit, tempat-tempat tersembunyi biasanya untuk menghindari predator baik dari makhluk lain atau sesama jenis kucing lain, bahkan di tempat-tempat yang tidak terduga sekalipun.
  7. Jika ada kemungkinan hilang karena dicuri ( yang hilang kucing ras tertentu ), mulailah mendatangi petshop-petshop terdekat dan pasar-pasar hewan
  8. Jika ada kemungkinan dibuang oleh orang yang tidak suka kucing, paksa atau bujuk mereka untuk mengaku membuangnya dimana agar bisa segera ditemukan, jika perlu minta bantuan aparat yang bisa membantu menengahi, karena bagi beberapa orang kucing hanya lah “kucing”, tapi untuk cat lover kucing adalah bagian dari hidup mereka.
  9. Bertanya kepada tetangga, dan orang-orang sekitar wilayah rumah, membuat flyer foto-foto kucing minta bantuan satpam untuk mengedarkannya di wilayah dekat rumah, apakah kucing menggunakan kalung tertentu, jenis warnanya, namanya sehingga bisa lebih mudah dikenali, dan tidak ada salahnya flyer tersebut juga di posting pada group-group penyayang hewan.
  10. Selama mencari usahakan membawa makanan kesukaan dan siapkan keranjang kucing.
  11. Tetap semangat, terus berdo’a semoga bisa bertemu kembali dan berfikir positif kalau mereka akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik jika tidak bertemu lagi.
  12. Jika bertemu segera periksakan kucing anda ke dokter hewan, khawatir ada sakit atau luka.

Sumber: pedulikucing.org

FOTO: DOK. Akun Instagram gemmaboothphoto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *