Tentukan Target Penjualan Dengan Cara Ini!

Jika Anda gagal membuat rencana berarti Anda berencana untuk gagal. Begitulah ungkapan yang sering Anda dengar manakala Anda dihadapkan untuk sebuah tugas dalam profesi Anda. Apabila Anda ingin mencapai target tertentu, maka Anda harus menyiapkan rencana bagaimana Anda akan mencapainya. Pencapaian tidak datang dengan tiba-tiba. Rencana yang tepat, akurat, dan matang biasanya memiliki kemungkinan besar untuk berhasil. Sedangkan, yang tanpa rencana akan berbuntut kegagalan.

Dalam membuat target penjualan, Anda harus mengetahui berapa banyak penjualan yang seharusnya terjadi setiap bulannya, untuk mencapai target tahunan dan keuntungan yang diinginkan. Dengan membreakdown besarnya target tahunan menjadi target bulanan dan mingguan, Anda menjadi jauh lebih mudah dan tidak lagi takut untuk mencapai target tahunan yang besar.

Nah bagaimana menentukan target penjualan Anda, baik target mingguan ataupun bulanan. Berikut ada tips nya dari Komunitas Womanpreneur:

• Tuliskan omset atau pendapatan yang ingain Anda raih dalam 12 bulan ke depan. Tujuannya supaya Anda tahu berapa banyak penjualan yang harus Anda lakukan setiap bulan dalam tahun tersebut.

• Lalu, tuliskan berapa banyak jumlah penjualan yang harus Anda lakukan dalam setahun, untuk meraih target pendapatan yang telah Anda tentukan sebelumnya.

• Untuk mendapatkan ide berapa nilai rata-rata penjualan Anda, tuliskan ( misalkan ) jumlah nilai dari 20 penjualan terakhir Anda, kemudian bagilah dengan 20. Ini hanya satu cara untuk mendapatkan rata-rata nilai penjualan Anda, tetapi cara ini biasanya cukup akurat.

• Sekarang, bagilah jumlah target penjualan setahun dengan 12. Anda akan mengetahui berapa target penjualan per bulan.yang lebih keren lagi untuk percepatan , bagi target 1 tahun dengan 10, jadi 2 bulan dibelakang adalah bonus. asik kan

• Jika Anda ingin menentukan target mingguan, Anda hanya tinggal membagi target penjualan setahun dengan 52.

Setelah Anda menentukan target tahunan maupun bulanan, Anda juga dapat merencanakan langkah-langkah apa yang akan Anda kerjakan dalam rangka mencapai target tersebut, yaitu :

Buatlah action plan
Tuliskan langkah-langkah apa yang akan Anda kerjakan berupa action plan. Mungkin ada beberapa action yang akan Anda lakukan, putuskan mana yang paling memungkinkan untuk Anda lakukan dengan hasil yang paling maksimal. . Anda harus merincikan langkah-langkah yang Anda akan lakukan dan membuat time frame kapan Anda akan melakukannya.

Track progress
Ini sangat penting. Setiap action plan yang sudah Anda buat, harus ada progress per hari. Sejalan dengan progress tiap-tiap hari , Anda akan mengetahui apakah Anda perlu mengambil langkah-langkah lainnya, dan apabila Plan A tidak dapat diteruskan maka Anda dapat menjalankan Plan B.

Libatkan orang lain
Sangat baik untuk melibatkan orang lain dalam proses penentuan dan pencapaian tujuan cari mentor . Terima saran jika diperlukan.

Belajar dari kesalahan
Jika Anda belajar dari kesalahan dan terus melangkah, tidak ada yang dapat menghentikan Anda dalam mencapai target. Kesalahan adalah hal yang wajar dalam menjalankan bisnis. Belajar dari itu.

Bertahan
Anda perlu untuk bertahan, tidak gampang menyerah. Ada banyak cara untuk Anda dapat mencapai target, cobalah segala cara. Belajar dan tingkatkan kemampuan diri Anda. Bersabarlah dan tetap bertahan sampai Anda mencapai target Anda.

Rayakan keberhasilan Anda
Rayakanlah keberhasilan yang telah Anda capai hari ini untuk mencapai keberhasilan selanjutnya. Anda semakin dekat dengan tujuan Anda, nikmatilah moment tersebut.

Jangan berpaling dari target Anda
Jangan pernah berpaling dari tujuan Anda, dari target yang hendak Anda capai. Anda harus focus pada target yang telah Anda tentukan. PAda saat Anda tidak focus , anda tidak akan pernah dapat mencapainya.

Sumber; website womanpreneur community

FOTO: DOK. Akun Instagram misssatcha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *