Komunitas Ontel Batavia: Lestarikan Sepeda Ontel Dengan Semangat Perjuangan

Komunitas Ontel Batavia (KOBA) Jakarta adalah komunitas yang tergabung dengan latar memiliki hobi dan kegemaran terhadap sepeda Ontel. Salah satu tujuan dari komunitas ini yaitu untuk menjalin silaturrahmi sesama pencinta sepeda ontel dan melestarikannya.

Seperti yang terlihat di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta, minggu (15/3). Saat car free day, terlihat sekelompok orang berdiri ‎dengan menggunakan baju khas pejuang zaman dulu, tentunya dengan sepeda Ontel di sampingnya.

“‎Tentunya buat silaturrahmi, dan melestarikan benda-benda tua, dengan semangat perjuangan, dengan menggunakan baju perjuangan,” kata Angle yang juga anggota KOBA.

Menurutnya, penampilan baju yang digunakan ‎seperti pejuang dengan memakai sepeda Ontel itu menggambarkan bagaimana semangat perjuangan para pejuang untuk merebut kemerdekaan, walau hanya menggunakan sepeda Ontel. Namun, semangat perjuangannya tidak pernah luntur.

“Kita mengenang kembali bagaimana perjuangan bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan. Sepeda Ontel itu ciri khas zaman dulu‎, pejuang-pejuang dulu kan naik sepeda, belum naik mobil,” jelas Angle.

Sedangkan, kata Batavia sendiri diambil oleh komunitas pecinta sepeda ini untuk mengingat kembali sejarah awal berdirinya Ibu Kota Jakarta.

Sumber: Berita Empat

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *