4 Trik Agar Asam Lambung Tak Ganggu Aktivitas

Mag atau gastritis disebabkan oleh asam lambung yang diproduksi berlebih sehingga menyebabkan luka pada dinding lambung. Gejalanya bisa mulai dari mual, perih, rasa tak nyaman di perut, muntah, atau bahkan sampai pendarahan tergantung dari tingkat keparahannya.

Bila dibiarkan berlama-lama mag akan menyebabkan otot yang menjaga lambung untuk terbuka atau tertutup melemah. Pada akhirnya asam pun bisa menyusup naik sampai ke kerongkongan yang disebut juga Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

“Asam lambung ketika dia berkelebihan ke atas membuat rasa panas, pahit saat bangun pagi, dan terus jadi sering bersendawa itu harus dicurigai sebagai GERD. Biasanya ada luka di kerongkongannya. Ini berbahaya karena dalam jangka panjang bisa jadi kanker ersofagus,” kata dr Andi Khomeini Takdir Haruni, SpPD, dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang akrab disapa dr Koko.

Untuk menghindari hal tersebut ahli mengatakan ada berbagai hal yang bisa dilakukan seperti:

1. Hindari makanan dan minuman asam

dr Koko mengatakan beberapa jenis makanan dan minuman seperti cokelat, jus jeruk, kopi, keju, serta teh memiliki sifat yang asam. Oleh karena itu pada beberapa orang yang rentan untuk mag sebaiknya hal-hal tersebut dihindari atau dijaga konsumsinya.

“Mereka (makanan -red) itu dasarnya sudah asam. Kalau di dalam perut kita sudah kelebihan asam terus ditambahin lagi ya nggak membantu,” kata dr Koko.

Tiap individu memiliki ketahanan berbeda terhadap asam, oleh karena itu menurut dr Koko mungkin saja seseorang yang rentan mag tetap bisa mengonsumsi coklat misalnya dalam porsi tertentu.

2. Kurangi porsi makan

Mengurangi porsi makan dalam hal ini bukan berarti harus mengurangi jumlah makanan seperti diet. dr Koko mengatakan prinsipnya adalah membiarkan makanan masuk ke perut sedikit demi sedikit.

Alasannya karena apabila seseorang mengonsumi makan dalam satu porsi besar sekaligus maka lambungnya akan bekerja keras. Hal ini ujungnya akan memicu kelenjar untuk memproduksi lebih banyak asam.

“Makanan yang dianjurkan seperti biasa tapi porsinya kecil jadi dalam sehari bisa makan 5-6 kali supaya kerja lambungnya nggak berat. Kaya orang kelelahan kan nggak bisa dikasih pekerjaan penuh, sedikit-dikit dulu,” kata dr Koko.

3. Minum air putih

Setiap bangun tidur atau sebelum makan disarankan untuk minum air putih. Alasannya karena dengan mengonsumsi air putih maka diharapkan asam lambung dapat lebih netral.

Dengan mengonsumsi air putih juga volume perut dapat lebih terisi sehingga konsumsi makanan yang bisa masuk pun mau tak mau jadi sedikit.

4. Lebih lama mengunyah

Ketua Ikatan Apoteker Indonesia Drs Nurul Falah Eddy Pariang, Apt, menambahkan juga bahwa saat makan sebaiknya sebisa mungkin mengunyah lebih lama. Semakin lama seseorang mengunyah maka makin banyak air liur yang tercampur makanan dan hal ini baik untuk lambung.

“Orang sakit mag ini dianjurkan untuk mengunyah lebih lama supaya saliva bereaksi dengan makanan. Jadi waktu ditelan sudah bereaksi relatif menetralisir asam lambung,” kata Nurul.

 

Sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *