KRuHA: Jangan Jadikan Air Sebagai Komoditas

Koalisi  Rakyat untuk hak atas Air (KRuHA) didirikan pada tahun 2002 sebagai  respon kelompok-kelompok masyarakat sipil di Indonesia atas pinjaman  Bank Dunia di sektor sumber daya air yang disebut Water Resources Sektor Penyesuaian Struktural Loan (WATSAL) yang disetujui oleh pemerintah  Indonesia pada tahun 1999, proyek utang senilai senilai USD300 juta yang  bertujuan untuk merestrukturisasi kebijakan sektor sumber daya air di  Indonesia

KRuHA berpendapat bahwa restrukturisasi sektor sumber daya air dengan  menempatkan air sebagai barang ekonomi hanya akan menjadikan air sebagai  komoditas dan mendorong privatisasi air, yang pada akhirnya akan  menimbulkan kerugian kepada masyarakat, khususnya masyarakat miskin dan  petani.

KRuHA  juga berpendapat bahwa negara memiliki tanggung jawab dan kewajiban  untuk memenuhi kebutuhan dasar rakyatnya, termasuk air. Menempatkan air  sebagai barang ekonomi, yang mendorong privatisasi air jelas akan  mengalihkan tanggung jawab untuk menyediakan air dari negara ke sektor  swasta.

Selain itu, KRuHA juga akan mengubah kontrak sosial antara negara dan rakyatnya menjadi hubungan produsen dan konsumen.

 

Sumber: Laman KRuHA

 

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *