Mata Bumi Indonesia; Bertualang Sambil Belajar

Belajar tak selalu di dalam kelas. Berpetualang pun bisa dijadikan sebagai sarana belajar. Mengenal alam dan juga menyingkap masa lalu. Komunitas MataBumi melakukan hal itu. Bertualang sambil belajar.

Komunitas MataBumi didirikan alumnus JANTERA (Perhimpunan Mahasiswa Pencinta Alam-Jurusan Pendidikan Geografi) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. ”Konsepnya pendidikan kebumian di luar kelas dengan melihat, mengenal, dan mengalami langsung,” kata T Bachtiar, salah satu pendiri MataBumi.

Rata-rata dua bulan sekali komunitas ini bertualang bersama. ”Terkadang sebulan sekali kalau anggota komunitas meminta. Sekali jalan rata-rata 60 orang,” kata Bachtiar. ”Separuh anggota rombongan biasanya orang baru. Jadi tiap saat anggotanya bertambah.”

Selama bertualang itu peserta bisa belajar sejarah, mitos, hingga proses geologi yang membentuk bentang alam dari para pemandu. Selain Bachtiar, yang biasa turut memandu adalah Ketua Program Studi Fakultas Teknik Geologi Institut Teknologi Bandung (ITB) Budi Bramantyo.

Lokasi perjalanan paling sering di Jawa Barat, seperti Gunung Patuha-Kawah Putih, Gunung Galunggung, Gunung Papandayan, Curug Malela, dan Goa Pawon. Rute dan besaran iuran untuk membayar akomodasi perjalanan biaya sewa bus dan makan siang biasanya dibahas melalui media sosial, Facebook. ”Peserta boleh siapa saja, sesuai kondisi medan, mulai anak SD sampai pensiunan guru besar,” kata Bachtiar.

Peserta jalan-jalan tak melulu orang dewasa. Ada pula anak-anak. Misalnya saja Muhammad Kenshi (7), yang didampingi orangtuanya. Juga Alfath Kamil Baeli (8).

”Goa ini masih hidup, tandanya masih ada air menetes,” ujar Bachtiar, yang mendongeng sepanjang perjalanan di tepi Sungai Citarum, Jawa Barat, Sabtu pagi, awal Mei 2014.

Ajakan Bachtiar masuk lebih dalam ke perut goa ditanggapi Alfath gembira. Beberapa kali ia terpeleset, tetapi terus maju. Bagian belakang goa yang lebar dan tinggi membuatnya takjub.

Alfath bagai menemukan dunia baru saat mencapai sisi lain goa yang ternyata tembus persis di tepi Sungai Citarum dengan air jernihnya. Kondisi itu sungguh jauh berbeda dengan aliran Sungai Citarum lainnya. Aliran Sungai Citarum di dekat Sanghyangpoek itu relatif bersih.

Alfath meninggalkan ibunya, Noorna Hindayati (41), manajer salah satu biro perjalanan di Sumedang. Ia lalu memanjat batu tinggi besar berukuran 6 meter. Butuh sekitar 10 menit memanjat sebelum akhirnya ia berdiri bangga di puncak. ”Saya sudah tiga kali ikut seperti ini. Di sekolah biasanya suka saya ceritakan kepada teman-teman. Bangga karena tidak ada teman lain seperti saya,” kata Alfath.

Noorna dan Alfath harus menempuh perjalanan 40 kilometer dari Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, menuju Museum Geologi Bandung, titik keberangkatan rombongan. ”Ia selalu ingin ikut meski kadang sangat jauh. Terakhir, kami sembilan jam di atas truk menuju Curug Citambur. Bukannya kapok, malah minta ke sana lagi,” kata Noorna.

Beberapa anggota komunitas, termasuk Kenshi, bersukaria berenang di Sungai Citarum. Maklum, sehari-hari warga Kota Bandung hanya bisa melihat Citarum sebagai sungai kotor dan bau. Citarum memang dikenal salah satu sungai paling tercemar di Indonesia. Lebih dari 500 pabrik menggelontorkan limbah ke alirannya.

”Seandainya seluruh aliran Citarum bisa sebersih ini, alangkah indahnya. Andai semua orang punya kesadaran untuk menjaga sungai ini,” kata Yeni Zamzam (39), dokter yang praktik di klinik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, berandai-andai.

”Tidak hanya menikmati keindahan alam, perjalanan ke alam ini memang dimaksudkan menanamkan kesadaran menjaga alam,” kata Bachtiar. ”Kami bersenang-senang sembari menyerap ilmu bersama alam. Kadang-kadang ilmu pengetahuan lebih mudah dicerna jika disampaikan dengan sukacita.”

Sumber: Intisari Online

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *