Mudik Aman dan Terhindar Dari Kecelakaan Di Jalan Raya

Menjelang Hari Idul Fitri, banyak yang akan melakukan perjalanan pulang kampung atau sering kita kenal sebagai mudik. Namun sayangnya, setiap tahun mudik selalu diwarnai dengan banyaknya angka kecelakaan yang terjadi selama pekan mudik berlangsung.

Lalu bagaiman agar kita terhindar dari kecelakaan yang mengintai kita di jalan ? Berikut beberapa tips dari Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Nganjuk bagi pemudik, terutama pemudik sepeda motor;

1. Siapkan kondisi fisik
Kondisi fisik saat berkendara sangatlah penting, karena akan memengaruhi konsentrasi saat di jalan. Banyaklah istirahat sebelum berangkat, jangan berangkat setelah melakukan kegiatan, karena kondisi akan tidak 100% fit.

2. Service motor sebelum berangkat
Alangkah baiknya kalau motor sebelum dibuat mudik dibawa dulu ke bengkel. Karena kalau motor dalam kondisi tidak 100% bagus, kemungkinan motor bermasalah di jalan akan semakin besar. Waktu tempuh perjalanan juga akan semakin lama karena sibuk mengurusi motornya.

3. Membawa bekal
Bawa bekal seperlunya saat perjalanan dari rumah, seperti air minum, roti atau nasi bungkus. Selain praktis, juga bisa menghemat biaya pengeluaran

4. Jangan membawa barang berlebih

Ini yang selalu menjadi ciri khas saat bermudik. Kebanyakan para pemakai motor akan membawa barang yang banyak saat bermudik, sampai-sampai menambah space di motor untuk membawa barang bawaannya. Hindari hal-hal seperti itu saat bermudik untuk mengurangi resiko kecelakaan dijalan.

5. Gunakan safety gear
Apa itu safety gear ? Secara awam safety gear itu adalah peralatan yang kita pakai saat  berkendara, seperti Helm ber-SNI, sarung tangan, jaket windbreaker / jaket yang tahan angin dan sepatu. Kegunaannya untuk meminamilisir resiko kalau ada masalah di jalan.

6. Bawa dokumen-dokumen kendaraan

Bawa selalu surat-surat kendaraan, seperti STNK dan SIM. Hal ini menghindari kalau ada pemeriksaan kendaraan dan agar uang yang dibuat keponakan-keponakan di rumah tidak hilang dibawa petugas karena tidak bisa menunjukkan surat-surat kendaraan.

7. Jangan memaksakan one ride full
One ride full atau berkendara penuh. Artinya pengendara akan berkendara secara terus menerus dari berangkat sampai tiba di tujuan. Memang akan mempersingkat waktu, namun konsentrasi anda akan berkurang karena lamanya anda berkendara. Usahakan setiap 2 jam anda berkendara, di sisipi dengan istirahat. Hal ini bertujuan agar konsentrasi berkendara tetap terjaga.

8. Gunakan jaket yang berwarna cerah saat berkendara di malam hari
Minimnya penerangan pada malam hari bisa mengakibatkan kecelakaan di jalan. Hal ini bisa dihindari dengan memakai jaket yang berwarna cerah, terutama yang mengandung fosfor. Hal ini bertujuan agar pengendara lainnya bisa mengetahui keberadaan anda.

9. Jangan berboncengan lebih dari 2 orang
Hal ini juga sering dilanggar oleh pemudik motor. Biasanya mereka berboncangan antar 3 sampai 5 orang dalam satu motor ! Hindari hal tersebut, karena akan mengurangi ruang gerak pengemudi untuk berkendara dan juga tidak aman saat berkendara.

10. Berdoa sebelum berangkat

Ini yang terpenting, berdoa sebelum berangkat agar kita selalu di lindungi oleh-Nya selama perjalanan.

Selamat mudik, semoga tipsnya bermanfaat!

Sumber: Yamaha Vixion Club Nganjuk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *