Lebaran, Pegiat dan Seniman Reog Ponorogo Gelar Pentas

Momentum Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah, dimanfaatkan oleh pegiat dan seniman reog dari berbagai daerah dengan menggelar pentas kesenian tradisional Reog Ponorogo. Para pegiat dan seniman reyog yang sedang “mudik” lebaran (pulang kampung) berkumpul di Rumah Bantarangin, Ponorogo, Sabtu (9/7).

Pengurus Komunikasi Komunitas Reog Ponorogo (KRP) Bidang Informasi, Dokumentasi, dan Komunikasi, Aviseno Restuhari Kitul mengatakan pentas seni Reog Ponorogo dimeriahkan sebanyak 10 dadak merak.

“Selain pentas seni, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi antar pegiat dan seniman reog dari berbagai daerah untuk saling bertukar informasi perkembangan seni Reog Ponorogo di daerah masing-masing,” kata Kitul.

Pada kesempatan tersebut dilakukan peresmian Rumah Bantarangin milik Ketua Komunitas Reog Ponorogo (KRP) Jabodetabek dan pimpinan grup Reog “Bantarangin” Jakarta, Suyatno yang berlokasi tidak jauh dari Petilasan Bantarangin di Kelurahan Somoroto, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo.

“Acara ini sekaligus syukuran atas selesainya Rumah Bantarangin. Mudah-mudahan dapat dipakai untuk pengembangan seni reyog maupun kesenian lain di Ponorogo,” pungkas Kitul.

Atraksi seni reyog Ponorogo yang berlangsung dari siang hari sampai sore hari berlangsung cukup meriah dengan disaksikan ratusan penonton dari masyarakat sekitar.

Sumber: Metro Terkini

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *