KOPHI Sumut; Gerakkan Pemuda Sumut Untuk Peduli Lingkungan Hidup

Koalisi Pemuda Hijau Indonesia atau yang lebih akrab dengan nama KOPHI berdiri pada tanggal 28 Oktober 2010 dan diresmikan pada tanggal 30 Oktober 2010 melalui Deklarasi KOPHI di Museum Bank Mandiri.

Dipelopori oleh tiga pemuda Indonesia yang peduli terhadap lingkungan, yaitu Yudithia (Universitas Indonesia),  Lidwina Marcella (London School of Public Relation) dan AgusmanPranata (President University)

KOPHI dibentuk sebagai wadah bagi pemuda yang ingin menjadi bagian dari solusi masalah perubahan iklim sehingga mereka dapat bergerak untuk melakukan sebuah tindakan secara kolektif dan berkelanjutan demi terciptanya lingkungan yang lestari. KOPHI berkembang menjadi organisasi pemuda pemerhati lingkungan yang tersebar di 18 provinsi di Indonesia.

Sumatera Utara menjadi salah satu dari 18 provinsi yang tersebut. Irwansyah Banurea, pelopor berdirinya KOPHI Regional Sumatera Utara atau lebih dikenal dengan nama KOPHI Sumut, beserta dua rekan lainnya menghadiri Kongres Nasional  I KOPHI yang bertempat di President University, Bekasi.

12 Desember 2011 menjadi awal cikal bakal dibentuknya KOPHI Regional Sumatera Utara yang diprakarsai oleh Irwansyah Banurea (FakultasKehutanan, USU) dan rekan-rekan lainnyaBertempat di Taman Pendopo USU, sebagai salah satu Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kampus USU. Tanggal ini menjadi sangat penting dimana beberapa pemuda dari berbagai fakultas di USU (Fak. Kehutanan, Fak. Ilmu Budaya, Fak. Ilmu Sosial Politik, dan Fak. Kedokteran Gigi), begabung ikut menjadi bagian dibentuknya KOPHI regional Sumut.

Saat ini KOPHI Sumut diketuai oleh Muhammad Anugrah, mahasiswa FISIPOL Jurusan Administrasi Negara 2012. Saat ini anggota KOPHI Sumut berjumlah 50 orang yang berasal dari berbagai universitas yang ada di Kota Medan. Selain itu, KOPHI Sumut juga memiliki 14 anggota kehormatan dimana anggota kehormatan tersebut merupakan para alumnus dari KOPHI Sumut di kepengurusan periode sebelumnya.

KOPHI Sumut memiliki empat divisi yang menjadi tonggak berdirinya organisasi ini, yaitu Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) yang diketuai oleh Fadhil Akbar Rizqullah, Divisi Media dan Komunikasi (Medkom) yang diketuai oleh Rizki Ramadhani Nasution,

Divisi Kreatif yang diketuai oleh Chintia Octenta dan yang terakhir adalah Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) yang diketuai oleh Zul Anwar Rambe. Masing-masing divisi memiliki tugas penting demi keberlangsungan organisasi peduli lingkungan yang satu ini.

KOPHI Sumut memiliki berbagai macam kegiatan yang berbasis lingkungan. Pada awal terbentukanya KOPHI Sumut diadakan KOPHI Go To School yang dilaksanakan di SMAN 13 dan SMKN 8. Pada tahun 2012 diakan juga kegiatan KOPHI Wiski (Wisata Edukasi) di Danau Linting.

Pada tahun 2013 lalu diadakan pula Aksi Cabut Paku Season I dan II. Adapula KOPHI Granat (Gerakan Anti Narkoba), KOPHI GalauBu (Gerakan Anak Lingkungan Aksi Hijau Bumi), KOPHI Babe Dora (Jilbab Lobe Donasi Ramadhan) sebagai kegiatan yang dilakukan KOPHI Sumut di Kota Medan.

KOPHI Sumut juga pernah mengadakan kegiatan nasional yang pertama sekali pada tahun 2014 yaitu Green Youth Camp (GYC) yang berhasil menyeleksi 53 anak muda Indonesia sebagai peserta dari kegiatan tersebut. Pada tahun ini, GYC akan kembali diadakan oleh KOPHI Sumut. Tahun ini merupakan tahun kedua dilaksanakannya GYC.

Pada tanggal 2 Agustus 2015 yang lalu, KOPHI Sumut bersama komunitas lainnya mengadakan KolaborAksi Merah Putih yang dilaksanakan di Titi Gantung dimana acara tersebut diisi oleh kampanye tentang lingkungan, kampanye anti vandalisme dan lain-lain. Kegiatan KolaborAksi Merah Putih ini akan menjadi kegiatan yang dilaksanakan secara berkala bersama dengan komunitas lainnya.

Dalam waktu dekat, KOPHI akan mengadakan KOPHI Senusa (se-nusantara) yang diadakan pada bulan Agustus dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dimana kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin secara nasional kedepannya. KOPHI Sumut sendiri akan berkolaborasi dengan komunitas yang ada di Kota Medan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Sumber: Cerita Tentang Medan

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *