Serikat Buruh Migran Indonesia: Antitesa Kondisi Buruk Permasalahan Buruh Migran Indonesia

SBMI adalah organisasi buruh migran dan anggota keluarganya. Didirikan pada tanggal 25 Pebruari 2003. Sebelumnya bernama Federasi Organisasi Buruh Migran Indonesia (FOBMI). Dirintis dan dibidani oleh Konsorsium Pembela Buruh Migran (KOPBUMI) sejak tahun 2000 melalui cikal bakal organisasi bernama Jaringan Nasional Buruh Migran. SBMI merupakan antitesa dari kondisi buruk banyaknya permasalahan yang dihadapi buruh migran Indonesia. SBMI kemudian diakui sebagai Serikat Buruh sejak tahun 2006.

Visi
”Terwujudnya harkat, martabat dan kesejahteraan yang berkeadilan gender bagi Buruh Migran Indonesia (BMI) dan keluarganya”.

Misi
1. Melakukan pendidikan kritis bagi BMI;
2. Meningkatkan dan Memperkuat posisi tawar BMI;
3. Memperjuangkan hak-hak BMI;
4. Membangun ekonomi alternatif produktif bagi BMI;
5. Melakukan pengorganisasian bagi BMI;
6. Memperjuangkan kebijakan yang berpihak pada BMI;

III.  Apa yang diperjuangkan SBMI?

  • Memperjuangkan aspirasi, hak dan kepentingan anggota;
  • Menumbuhkan solidaritas dan persatuan antar sesama buruh migran
  • Untuk mencapai kesejahteraan dengan kondisi kerja yang layak sesuai dengan harkat dan martabat manusia dalam suatu sistem ketatanegaraan yang demokratis, berkepastian hukum, terjamin hak-hak asasi manusia yang berkeadilan sosial dan anti diskriminasi.

IV. Keanggotan SBMI?
Anggota SBMI adalah :

  1. Calon BMI,
  2.  BMI Aktif,
  3.  Mantan BMI dan
  4.  Anggota Keluarga BMI yang dengan sukarela mengajukan permintaan menjadi anggota serta bersedia menerima dan mentaati Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Keputusan  Kongres dan Keputusan-keputusan organisasi lainnya.

Sumber: Laman SBMI

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *