IPHI Pancawati; Berdayakan Perempuan Untuk Membuat Kreasi Hantaran

MENJADI seorang perempuan atau Ibu Rumah Tangga (IRT) bukan berarti berdiam diri di rumah. Banyak hal yang bisa dilakukan supaya para perempuan-perempuan ini bisa mandiri dan bermanfaat baik itu untuk keluarga maupun masyarakat di sekitarnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pembuat Hantaran Indonesia (IPHI) Pancawati Jawa Tengah, Noor Aini mengatakan, keberadaan IPHI Pancawati Jawa Tengah ini mewadahi perempuan-perempuan atau IRT untuk belajar membuat hantaran.

“IPHI Pancawati Jawa Tengah ini merupakan binaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud),” terang Noor saat ditemuiJoglosemar di sela-sela memberikan pelatihan membuat hantaran kepada IPHI Pancawati Cabang Solo di Rumah Makan Ayam Penyet Suroboyo, Senin (24/11/2014).

Di Jawa Tengah sendiri, terdapat 14 cabang IPHI Pancawati. Diantaranya yaitu Kota Semarang, Kabupaten Pekalongan, Batam, Kendal, Jepara, Cilacap, Sukoharjo, Solo, Kabupaten Semarang, dan Klaten.

“Sehingga di masing-masing cabang ini bisa memberikan pelatihan kepada perempuan-perempuan yang berminat untuk mengembangkan kreasinya dalam membuat hantaran,” imbuh Noor.

Lanjut Noor, membuat sebuah hantaran itu memang ada yang tidak perlu berlatih karena memang sudah hobi. Namun, ada juga yang tidak bisa sama sekali, maka diperlukan sebuah pelatihan supaya bisa. Di masing-masing cabang ini, nanti bisa memberikan pelatihan tentang tata cara membuat hantaran.

Saat pelatihan, akan menghadirkan instruktur yang berkompeten di bidangnya. Bahkan, dalam pelatihan juga diajarkan bagaimana cara berkomunikasi dengan pelanggan, cara mencari pelanggan serta bagaimana mencari kepuasan pelanggan. Itu semua diberikan, supaya memudahkan anggota untuk melakukan pemasaran produknya.

“Jadi tidak ada alasan bahwa perempuan itu ngganggur. Sambil momong anak pun bisa tetap berkarya, ” ujar Noor.

Untuk tergabung di dalam IPHI Pancawati Jawa Tengah ini tidaklah sulit. Bagi yang menghendaki untuk bergabung bisa menghubungi IPHI Pancawati terdekat. Misalnya di Solo terdapat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) IPHI Pancawati Surakarta yang sudah berdiri sejak lima tahun lalu. Untuk keanggotaan, IPHI Pancawati sangat terbuka.

Sumber: Joglo Semar

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *