Rayakan HUT RI Ke-71, Komunitas Gresik Ajak Anggota Peduli Lingkungan dan Sejarah

Rayakan Kemerdekaan, puluhan pemuda dari lintas komunitas di Gresik melakukan pengibaran bendera merah putih di Bukit Hollywood.

Banyak cara kreatif  yang dilakukan para pemuda di Gresik dalam menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya dengan mengibarkan bendera di Bukit Hollywood yang berada di Desa Kembangan. Ini dilakukan untuk mengajak anggota lebih peduli terhadap lingkungan dan sejarah.

“Saat ini para pemuda mulai lupa tentang kecintaan pemuda terhadap lingkungan, karena merdeka dari sampah juga memberi hidup sehat,” jelas Presiden Komunitas Hijabee Yeni Yuliati, kemarin.

Kegiatan ini diikuti berbagai komunitas yang ada di Kabupaten Gresik. Antara lain, Paguyuban Sepeda Kebo Gresik (Pasekgres), Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI) Gresik dan Jawa Timur serta Hijabee Community Gresik.

“Usai pengibaran bendera menyambut merah putih, sekaligus sharing tentang bukit yang menjadi landmark Kebomas ini, beberapa dari kami turut membersihkan kawasan dan sharing pengetahuan terkait alam,” jelas Yeni.

Ia berharap, pengibaran bendera bersama ini bisa memotivasi masyarakat Gresik khususnya pemuda untuk menggugah rasa kepedulian mereka dan tentunya rasa nasionalisme. “Kita adalah generasi penerus bangsa, jadi harus memahami betul arti nasionalisme,” pungkas dia.

Sementara itu, Ketua KOSTI Jatim Purnomo SR mengatakan ingin sekali mengingatkan para pemuda untuk membangu rasa cinta negaranya. “Mulai dari yang skup kecil dulu, misal cintai kawasannya seperti sejarah, tradisi hingga budayanya,” ungkap dia.

Di tempat yang sama, Ketua Pasekgres Chairul Anam berharap para pemuda bisa semakin mencintai daerahnya sendiri, yang nantinya juga akan menumbuhkan rasa nasionalisme pada diri mereka. Misal dari yang terkecil, turut mengembangkan potensi lokal. Sebab dirinya bersama komunitas, kerap menjelajahi situs-situs Gresik yang bisa dipelajari sejarahnya. “Yang nantinya kita share kepada masyarakat agar semakin dekat dan akrab, khususnya anak-anak muda ini,” imbuhnya.

Sumber: Radar Surabaya

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *