Datang Bulan Saat Mendaki? Lakukan Cara Berikut Ini!

Banyak hal yang harus dipertimbangan ketika kamu punya rencana untuk mendaki. Biasanya meliputi cuaca, musim, curah hujan, waktu luang, dan biaya. Satu hal penting juga yang harus diperhatikan oleh para pendaki adalah masalah serius berkaitan dengan jadwal datang bulan.

Berikut hasil sharing beberapa tips dari Komunitas PendakiCantik tentang boleh atau tidakkah seorang pendaki (khusus untuk perempuan) melakukan kegiatan mendaki saat datang bulan? Biar tidak penasaran, mari gabung di sini:

1. Selalu Siapkan Pembalut Setiap Mendaki

“Aku pertama naik gunung gak bawa pembalut, karna emang blom tglnya. Pas di basecamp ke toilet trnyata dapet, karna ada tmn cwenya jd masih bisa minta sma yg lain pembalutnya. Hehe
Alhamdulillah sih slama di atas gak ada kejadian aneh atau sakit” seperti biasanya.
Setelah pengalaman itu skarang aku klo naek gunung pasti bawa,meskipun bukan jadwalnya.
Klo sampe sakit perut atau nyeri” datang bulan biasanya klo aku pake m.kayu putih udh bisa ngeredain sakitnya,sama paling dibawa tidur. Klo emang kondisi fisiknya gak kuat jgn dipaksain buat jalan atau beraktifitas. Harus jujur sma kondisi kita,jgn dtutup”n..” Gintamarsya

2. Batalkan Rencana Mendaki
“Tapi kbayang sie, betapa ngeness nya(sedih) ktika nanjak pas lgi PMS…di gunung kan air agak susah yaak, apa lgi toilet…pastinya kalian tau sndiri laah risih pastinya yaak massa harus pake tisyu basah..hehhe tapi mau gk mau yg bawa tisyu basah.. Gk kbayang jga looh kak, klw aku yg nanjak pas dapet…pastinya turun lgi x… soalnya tiap bulan aku klw PMS udh kek org mau lahiran… sakit nya Naudzubillah… tapi apa lah daya, wanita itu kan istimewa..” Reyhana

“Aku pernah waktu mens juga naik Prau lewat jalur Dieng, jalur yg masih sepi, bukan patakbanteng, trus aku di gangguin. Trus kesurupan deh hehe.. Semenjak itu kalo lagi mens, aku tunda aja pendakian..” @lalakharisma

3. Jangan Buang Pembalut yang Sudah Kotor Sembarangan
“Pas lagi di tegal panjang (the most tempat serem di papandayan). tapi waktu itu hr trkhir. jadinya dri pantyliner pake pembalut.cuma pas buang air kecil itu berasa serem banget kan.karena itu tmpatnya mistis abiss.. aku abis buang air kecil pake tissue basah yg buanyak.tapi berrs itu tissue basah di tumpuk lagi ama yg kering dan air bekas pipis disirem pake air lagi biar ga bau dn biar ga di cium makhluk2 halus gitu. itu lebih parah.hri ke 2. lagi banyak2 nya bangeet.hahaha.. trus pas malem ganti tapi biasanya aku bawa kresek yg banyak dn tisue basah diuble yg gede biar bisa dibungkus2, dibalurin minyak kayu putih biar ga bau. bungkus kertas dan masukin kresek yg banyak. jangan buang disana. bawa pulang. pas pulang atau di besekm baru tuh pembalut dicuci dan di buang..” @anggunpratami

4. Tidak Menyepele Hal Kecil Saat Datang Bulan
“Aku baru inget pas aku ke Papandayan itu, aku dapet tapi hari2 akhir jdi gak terlalu bnyk juga trs aku gak pake pembalut, trs sbelum naik gak mau pake aku kira gak akan banyak bgt sampe nembus padahal sadar kalo misalnya aktifitas berlebih keluarnya makin bnyk tapi so tau+ malesnya parah jadi lah gak pakai pembalut akhirnya bener nembus banyak. Nah, udah gitu aku gak lgsg ganti soalnya masih males jadi sampe camp ground baru ganti. Jorok. Nah dari situ aku belajar buat gak menyepelekan sesuatu, semudah atau sekecil apapun, karena dari kecil itu kalo disepelein jadi besar. Ky jadi banyak ngerepotin orang2 buat rela ditanya2 terus “keliatan gak?..” @fajriyahumairah

5. Tidak Panik Dan Kreatif
“Aku pernah naik gunung dengan kondisi lagi datang bulan. Ceritanya waktu itu aku ke semeru, sebelumnya sih udah cek tgl kemungkinan aku datang bulan pas turun gunung, makanya santai dan ga persiapan apapun. Naik lah ke semeru, malam pertama di Ranu Kumbolo, besoknya baru jalan lagi ke Kalimati, dan malamnya sekitar pukul 12, persiapan mau ke puncak, sebelumnya aku izin dulu kebelet buang air kecil dan engingeng bercak darah ngalir *maaf yaa jorok*. Aku panik sendiri karena ga bawa pembalut, temen cewekku juga kondisinya lg sholat jd pasti ga bawa, aku diem ga bilang ke siapapun.Akhirnya aku buka keril ambil celana dalam aku buntel buat jd pembalut dadakan. Pikiranku kalo aku bilang ke temen kelompok pasti ga kan diizinin ikut muncak, makanya aku diem2 (jangan ditiru). Alhasil, aku pas muncak kewalahan sendiri, nahan sakit, sepanjang trek nangis, udah berasa kayak org mau meninggal karena posisi perut sakit aku maksa tetep mau ke puncak. Akhirnya ditengah jalan pas jalur pasir muncak, aku bilang ke temen cowok aku, anehnya dia ga nyuruh aku turun, tp malah nyemangatin buat tetep sampe puncak tp ga ditarget waktu.
Akhirnya sunrise aku masih di punggung mahameru sambil makan apel nyampe puncak jam 8…
Untungnya aku kan emg selalu bawa celana dalem lebih kalo pergi, jd itu antisipasi buat jd pembalut dadakan..” @dewisamra

6.Yakin Dan Pastikan Kondisi Tubuh
“Ani pernah naik gunung pas menstruasi. Jadi waktu itu mau daki Gunung Merapi.Jadwal mens tiap bulan selalu maju, jadi susah diprediksi. Rencana Sabtu setelah pulang kerja mandi terus berangkat, jadi hari Jum’at malam Ani sudah selesai prepare dan packing. Sabtu pagi waktu mau mandi baru ketauan kalau mens. Terus waktu itu langsung bilang ke temen daki kalau mens. Dan dia bilang kalau fisik drop (sakit perut) mending ditunda aja. Tapi untung Ani tiap mens gak pernah sakit perut atau pegel2, cuma waktu itu belum kebayang gimana ribetnya.Singkat cerita, berangkat dari rumah jam 2 sampe basecamp Selo jam set 4. Jam 4 mulai naik dan sebelumnya ganti pembalut dulu. Sampe Pasar Bubrah sekitar jam 7, diriin tenda langsung ganti pembalut lagi, bangun pagi sebelum summit puncak ganti pembalut lagi, turun sebelum packing ganti pembalut lagi. Hari pertama kedua suka deres2nya. Jadi, menurut pengalaman Ani kalau mens di gunung yang penting jangan sampe lupa bawa pembalut yang cukup, terus harus selalu jaga kebersihan, tisu basah jangan lupa, pas ganti miss v nya dibersihin dulu pake tisu basah, pembalut yang udah dipake dibungkus kertas kemudian masukin plastik dan taruh ditas, sampe rumah baru dicuci dan dibuang.

Menurut Ani harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan keyakinan. Maksudnya kondisi tubuh apakah setiap kali mens ada penurunan daya tubuh atau tidak, ada orang yang ketika mens biasa2 saja, ada juga yang sampe kalang kabut gulang guling nahan sakit perut. Kalau yang tiap mens suka sakit mending ditunda dari pada ngrepotin temen2 pendakiannya.Yang kedua keyakinan, kita yakin gak sama diri kita kalau misalkan kita lagi mens bakalan terjadi apa2 gitu atau gak. Kembali ke niat dan tujuan kita apa, kalau niat kita baik, permisi dan gak ganggu insyaallah aman. Tapi kalau hati udah ragu2 dari awal mending ditunda.Tapi kembali lagi ke orangnya, masing2 punya pemikiran sendiri2..”@aniariastuti

“Kali menurut aku tergantung keyakinkan kita masing2 aja. Insya Allah klo niat baik dilancarkan nanjaknya terus hrus2 jaga2 sikap juga. Kalo lg datang bulan mau ushakan hbis buang air kecil disiram lngsung biar ga kecium baunya sma makhluk2 lain. Trus harus tau jg treknya hehe. usahakan jg ada slah satu temen kita nanjak yg kuat imannya buat jaga klo terjadi hal2 aneh…” @o.siska

7. Persiapan Yang Matang Dari Rumah
“Aku pernah 2x di Gede, itu hari kedua yang lagi sakit sakit nya, tapi karena dibawa jalan dan gerak sakit ga berasa dan berasanya pas lagi tidur aja. Sampe ga nyenyak bobonya. Persiapan dari rumah setiap celana dalamnya sudah dipasangkan  pembalut, pakainya pembalut yang panjang (yang night). Yang kedua di Papandayan, waktu brngkt sih cuma aku sendiri yang dapet eh untung ditemenin ginta yang dapet juga. Jadi da temnnya. Hihi..” @gladissacm1899

8. Ketika Datang Bulan Perhatikan Saat Buang Air Kecil
“Jadi ini ceritanya kakak aku waktu first time nanjak. Dia berencana naik ke gn Gede. Aku ga bisa nemenin dia karna terhalang UTS. Dia nanya2 ke aku kiat2 nanjak, sampai kiat2 kalau datang bulan di gunung. Ya aku kasih tau ke dia.Jangan buang sembarang pembalut bekas datang bulan. H-1 pendakian dia datang bulan. Langsung deh dia prepare segala rupa bentuk antisipasinya. Nah, langsung ke pendakiannya. Pas nyampe di pos Kandang Badak, kakakku pipis, tapi dia lupa bawa kantong sampah yang buat pembuangan bekas pembalut itu. Alhasil, setelah bersihkan *maaf* pake tisu basah, dia buang aja tisunya, padahal ada setetes “darah” di sana. Tapi dia cuma berdoa semoga ga terjadi apa apa. Di kandang badak mereka ngecamp. Esoknya berniat turun gunung lewat jalur gn Putri. Di sini keanehan mulai terjadi.. Jadi pas lewat jalur situ, tanpa ada tanda2 apapun, tiba-tiba tim pendakinya dihantam hujan badai + angin (anginnya bunyi gitu, “whuuu whuuuu”). Trus anehnya,kan mereka turunnya menjelang maghrib, masa ada suara burung “nyanyi2” gitu. Kondisinya kan lagi hujan, dan itu menjelang malam, logisnya sih ga mungkin dong ada suara kicauan burung? trus di saat kondisi seperti itu, kakakku merasa carriernya semakin lama semakin berat. “kaya gendong orang, yona. Pokoknya beraaatttt bangett. Trus kepala pusing” kata kakakku waktu itu. Nah, setelah keadaan dia berubah seperti itu, badan dia drop. Dan langkah kakaku tiba-tiba terhenti. Semua tim yang ngeliat gelagat kakakku langsung nanya “kenapa?” eeeeehhhh kakak-ku malah jawab “aku ga mau pulang. Aku mau di sini aja.” dengan muka flat abisssssss. Di situ semuanya kalang kabut. ada yang langsung turun ke bawah, ada yang ninggalin carrier trus baca2 ayat Al Qur’an, ada juga yang nyamperin kakakku trus bisikin ayat kursi. Eh trus kakakku langsung jatoh, lemes, ga sadarkan diri.. Bangun bangun katanya kakakku udah di basecamp…” @yonadhana

9. Siapkan Diri Dan Bathin
“Pernah punya pengalaman juga pas mau mendaki Lawu. Aku sama temen” ku berangkat bareng dr Jogja naik kereta dan angkutan umum buat sampe sana soalnya rame”… pas berngkat dr Jogja sih enggak datang bulan kak. Eh sampe Cemoro Kandang malah datang bulan…banyak lagi. Nah pas itu aku gak bawa persiapan apa”. Soalnya baru mens di akhir bulan. Masa tiba” mens lagi. Nah beli deh tuh yang namanya pembalut pas mau mulai pendakian bersih” dll. Tapi denger” sebelum berangkat banyak yg bilang Lawu itu mistisnya masih kebangetan. Dr awal pendakian udah mulai firasat gak enak kak…tapi coba diilangin perasaan gak enaknya…akhirnya kami naik, awalnya biasa aja kak. Sambil was was gitu…eh di tengah perjalanan ke pos 3. Tiba” kenai badai dan disitu hawanya jadi dingin banget kak…aku aja sampe hipotermia. Akhirnya kita mutusin buat berenti di sebuah gubuk. Di gubuk itu kita rehat buat api unggun dan buat istirahat..rasanya pendakian hari itu lamaaa bangett dan berat banget. Pas udah kelar rehat…kita mutusin buat naik lagi. Cuaca sudah mendingan pas itu. Nah pas tanjakan tiba” dua orang dari kita ada yang sakit kak. Berenti lagi deh. Dan mutusin buat ndirikan tenda disitu. Sampe pagi….Melihat kondisi temen” yg sakit akhirnya kita putusin buat turun. Dan pendakian hari itu gagal sampai puncak. Pas di jalan bener” dh gangguan nya luar biasa. Dilihatin cewek rambut panjang banget. Sliweran sana sini ngikutin sampe pulang. Baru ilang di pos 1…” @vicky_jasman

10. Jangan Lupa Bawa Parfum Atau Minyak Kayu Putih
“Aku sih ya balik lagi dari kesanggupan diri masing2. Karna ada yang kondisi fisiknya normal2 aja (a.k.a ga ngedrop) pas lagi dateng bulan, dan ada yang ga kuat bangun sama sekali. Nah, yg ga kuat sama sekali dipersilahkan untuk ga ikut pendakian. Kalo yang kuat mah silahkeun hehe. Tapi kalo misalkan jadwal datang bulan-nya gatau, tetiba langsung dateng bulan gituh, dibackingin saja. Takut kenapa2. Oh iya, jangan lupa bawa parfum atau kalau ga salah ada juga yang pake minyak kayu putih ya silahkan. Semprot atau tetesi ke pembalut yang ada darahnya. Biar ga nyengat. Karna bau “darah”nya bisa memancing “itu” ka..” @dibell_

11. Selalu Berdoa
“Aku waktu ke Cikuray. Hari ke 2 datang bulan. Kena track malem pas nanjak. Sepanjang jalan doa terusss. Tpi klo lengah doa, kuping aku langsung panas kek ada yg niup2 gitu; trus lanjut baca doa lagi trus ilang panasnya.. Lengah lagi ga baca doa, panas lagi tuh kuping. Tapi alhamdulillah ga pernah dliatin penampakan gitu. Malah teman ku yang dibelakang disesatin kak udah jalan jauh ga nyampe-nyampe puncak, dia malah nyampe di tempat yang bekas dia istirahat bekas dia nyender di pohon yg sama juga .bener2 disesatin jalannya. Sampe drop mau hipo tmn ku. Tapi aku waktu buang air kecil di semaksemak (siang bolong) ngga dsiram lagi bekasnya:( cuma diludahin aja. Aku ga tau kl bgtu harus disiram trnyta kak. Tapi Untungnya ga kenapa2 hihi…” @ameliadwianty