Komunitas Pemuda di Jombang Gelar Upacara Kemerdekaan

Puluhan pemuda lintas komunitas menggelar upacara peringatan kemerdekaan RI ke-71 di halaman depan kampus Undar Jombang, Rabu (17/8). Mereka terdiri dari dari pegiat musik, pecinta satwa, Slanker, komunitas Punk dan penggemar sepeda ontel tua yang ikut dalam barisan peserta upacara.

“Peserta terdiri dari komunitas reggae, anak Punk, komunitas musik metal, slanker, penggemar ontel, pecinta satwa, dan lainnya,” kata Ipang Kurniawan, Koordinator kegiatan ditemui usai upacara.

Mayoritas peserta menggunakan pakaian serba hitam. Namun demikian, ada juga yang menggunakan baju batik. Petugas upacara berseragam putih hitam.

Terlihat berbeda dengan upacara pada umumnya, pembina upacara tidak menggunakan sepatu, tapi justru memakai sandal. Meski demikian, tetap percaya diri dengan penampilannya.

“Bagi kami yang terpenting teman-teman bisa memperingati hari kemerdekaan bangsa ini. Kalau persoalan atribut kami memberi kebebasan sesuai komunitasnya masing-masing,” jelasnya.

Lebih lanjut Ipang mengatakan, upacara tersebut juga untuk menguatkan rasa nasionalisme di kalangan pemuda. “Kita semua merupakan anak muda bangsa yang harus bangga dan bersyukur bisa menikmati kemerdekaan. Bentuk hormat dan bangga kita terhadap bangsa ini salah satunya dengan memperingati hari kemerdekaan,” ujarnya.

Ia pun berharap, para pemuda dari kalangan manapun bisa memberikan kontribusi positif untuk bangsanya. “Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membangun negeri. Jadi, dengan kemampuan masing-masing kita harus membangun negeri. Hargai perjuangan pahlawan kita,” pungkasnya.

Sumber: Bangsa Online

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *