TEATER KOPI: DARI KOMUNITAS HINGGA MENJADI UKM

Berawal dari sebuah keinginan yang tinggi, Faisol, Mahmudi, Fairosi, Ansori, dkk berusaha mengumpulkan para mahasiswa baru untuk sama-sama menghidupkan visi misi tentang dunia teater yang mereka inginkan, meskipun pihak kampus, pihak dosen, bahkan pihak mahasiswa sendiri sangat minim untuk memperhatikan bahkan untuk sekadar melirik keberadaan komunitas itu, Faisol, dkk terus tidak henti mengadakan sharing dan belajar kelompok tentang teater dengan teman-teman yang mendukungnya. Hingga akhirnya mereka berhasil menampilkan pementasan yang bisa dilihat dan dinikmati oleh banyak kalangan di kampus.

Beberapa tahun setelahnya, komunitas ini tetap menjadi komunitas kecil tapi tetap terorganisir dan aktif menggelar pementasan, baik di hari ulang tahun teater atau mencoba menyumbang penampilan saat UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) lain mengadakan acara. Sehingga sampailah pada tanggal 01 Desember 2013, dengan perjuangan para anggota teater yang gigih dan disiplin, akhirnya komunitas kecil yang dipandang sebelah mata tersebut dapat menyita perhatian para dosen dan mahasiswa yang lain. Maka saat 01 Desember 2013 itulah di deklarasikan secara terhormat bahwa komunitas Teater yang bernama KOPI itu menjadi UKM resmi di UNITRI.

Tahun 2013 teater KOPI diketuai oleh Mouhammad Anas dan didampingi oleh seorang pelatih bernama Sindu (Dohir Herlianto). Teater KOPI akhirnya jaya, tidak hanya tampil di setiap event yang ada di lingkungan kampus, tapi sudah diundang ke Kota Pamekasan Madura untuk mementaskan karya, UNSURI Surabaya, dan juga sudah mengikuti lomba Peksiminal di Surabaya tahun kemarin. Sampai saat ini teater KOPI semakin aktif menggelar pementasan yang super dahsyat. Karya-karya yang disajikan sangat unik dan benar-benar istimewa dihadapan para penonton.

Tepat di hari ulang tahunnya yang kelima pada 10 Oktober Kemarin, seluruh anggota Teater KOPI melakukan perenungan malam bersama. Berharap bahwa komunitas kecil yang sudah berhasil menjadi UKM aktif di kampus UNITRI ini akan terus diakui sebagai UKM yang positif dan inovatif. Selain itu Anas, berharap seluruh mahasiswa bisa aktif mendukung kemajuan Teater KOPI kedepan. Sebab masalah Teater adalah masalah bakat dan minat para pemuda yang seharusnya terus didukung dan dijunjung untuk terus maju dan memberikan warna yang berbeda di dunia kampus, dan terpenting tetap menghidupkan makna sastra yang terkandung dalam pementasan teater tersebut.

Sumber: Website UNITRI

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *