Kelompok Batik Sidomulyo Mengikuti Workshop Pewarnaan (Bagian 2)

Pelatihan pewarnaan alam dilaksanakan pada hari Minggu 7 Agustus 2016, pukul 13.00 di Dusun Giriloyo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini digagas oleh Yayasan Kanopi Indonesia pelaksanaan dirumah Ibu Nurjanah selaku ketua kelompok Sido Mulyo, dengan dihadiri anggota kelompok sebanyak 12 anggota.

Pewarnaan alam pada pelatihan ini menggunakan pewarna indigo/indigofer. Dengan menggunakan pewarna indigo, selain mudah didapatkan indigo juga lebih mudah penggunaannya. Oleh karenanya pewarna indigo mudah digunakan karena tidak perlu direbus lagi karena sudah berupa pastel. Selain mudah didapat, sebagai pewarna alami indigo dinilai prospektif untuk tingkat kualitas batik, selain menghasilkan zat warna yang bagus, pewarna dari indigofera aman untuk lingkungan.

Dalam melakukan proses pembuatan larutan zat warna alam perlu disesuaikan dengan berat bahan atau ukuran kain yang akan dicelupkan kedalam zat warna alam, sehingga hasil yang didapat mencukupi untuk pencelupan. Banyaknya larutan zat warna alam yang diperlukan tergantung pada jumlah bahan yang akan diproses, misalnya berat bahan kain yang diproses 100 gram maka kebutuhan larutan zat warna alam adalah 3 liter.

Sumber: Laman Yayasan Kanopi Indonesia

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *