Indobarca Chapter Tanjungpinang; Eratkan Persaudaraan Para Penggemar Klub Bola Barcelona

Semboyan Visca Barca mengalir dalam ucapan penggemar klub sepak bola Barcelona ini. Senandung El-chant del Barca, menjadi nyanyian wajib setiap nonton bola bersama.

Dengan beranggotakan sekitar 50 pecinta klub Barcelona FC, komunitas ini bisa kokoh berdiri menambah jumlah penggemar klub bola bergengsi di Tanjungpinang.

Seperti diketahui, Barcelona dan Real Madrid sudah menjadi lawan bebuyutan. Ternyata, bagi penggemarnya, hal sama juga terjadi. Mereka akan tidak tahan jika tak nonton bersama ketika dua klub raksasa dunia itu berhadapan.

Komunitas Indobarca sendiri bermula dari dulunya bernama Fans Club Barcelona Indonesia (FCBI). FCBI yang terpecah kepengurusan, akhirnya menjadi beberapa fans club Barcelona unggulan. Nah, satu di antaranya, Indobarca. Bahkan, tak hanya kaum pria saja yang bergabung di komunitas ini, tapi juga ada Barca Angel yang beranggotakan wanita penggilan Barcelona.

Kini, Indobarca telah tersebar luas di seluruh nusantara. Luasnya penyebaran fans club ini berkembang pesat, baik dari tingkat provinsi hingga kota-kota besar lainnya. Silaturahmi diantara para pecinta Barcelona FC, berjalan dengan penuh kekeluargaan. Komunikasi yang terjalin membuat suatu hubungan persaudaraan di antara pendukung tiap kota.

Dalam menjalin kebersamaan para pecinta Barcelona, acara nonton bola bareng, fun futsal, hingga agenda sosial, biasanya menjadi agenda  kegiatan mereka. Begitu juga dengan Indobarca. Beberapa kegiatan sudah mereka lakukan, di antaranya bakti sosial penggalangan dana untuk korban bencana alam, bantuan tunai bagi yang kurang mampu, hingga kepedulian terhadap Palestina. Di Tanjungpinang, Indobarca diketuai seorang pecinta bola senior bernama Rachmat. Namun, ada pula nama Teddy Jun Askara yang dalam posisi pembina utama.

Rachmat yang akrab disapa Pakde menjadi tauladan bagi anggota Indobarca. Bagaimana tidak, hampir semua ornamen dan barang-barang miliknya pun tak luput dari unsur yang bertemakan Blaugrana (merah dan biru).Mulai dari aksesoris, peralatan makan, tempat tidur, pakaian, cat dinding kamar, hingga kendaraan bermotor, semuanya berlambangkan klub bola Barcelona FC.

Tentu saja, Pakde tidak bekerja sendiri. Dibantu pengurus lain, kepengurusan komunitas ini pun jelas. Semua berfungsi sesuai jabatannya. Awank, Niko dan Rizki,menempati posisi untuk pengurusan divisi futsal. Ada pula divisi humas dan publikasiyang dipegang oleh Reza yang saat ini masih menyelesaikan kuliah di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Untuk ahli komunikasi dan informatika, ada Melki yang saat ini bekerja di PT Telkom.

Untuk kegiatan nonton bareng, yang dipercaya mengurusi, yakni M Rezha, Fadiel, Gadis dan anggota dari Barca angel lainnya sebagai koodinator acara . Ada pula koordinator keamanan selama kegiatan, Boixos Noise. Sementara, Syaiful, Arda dan Jeje dipercayai menjadi koordinator pengamanan.

Sumber: Tanjungpinang Pos

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *