Puluhan Aktivis HAM Gelar Aksi Kamisan Perdana di Kota Kelahiran Munir

Puluhan aktivis hak asasi manusia (HAM) di Malang menggelar aksi kamisan perdana di kota kelahiran almarhum Munir, aktivis HAM yang dibunuh dengan racun arsenik 12 tahun silam, Kamis (8/9/2016).

Aksi kamisan ini rencananya akan digelar setiap pekan di Alun-Alun Kota Batu untuk merawat ingatan tentang kasus-kasus pelanggaran HAM yang hingga kini masih gelap.

Abid Fatoni, juru bicara aksi, mengatakan aksi ini merupakan rangkaian peringatan 12 tahun kematian Munir yang diselenggarakan di Kota Batu. “Kami ingin data-data tim pencari fakta diungkap untuk mengetahui dalang di balik kasus ini,” kata juru bicara aksi, Abid Fatoni, di sela-sela aksi.

Aksi kamisan di Kota Batu ini, diikuti gabungan aktivis mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Malang. Komunitas masyarakat sipil di Malang Raya juga turut serta dalam aksi tersebut.

Sebelumnya, para pegiat HAM ini menggelar acara tabur bunga dan doa bersama di makam Munir, di TPU Sisir, Kota Batu. Setelah itu dilanjutkan nonton bareng film tentang perjuangan Munir di Museum HAM, Omah Munir, di Jalan Bukit Berbunga, Kota Batu, Malang. Acara puncak akan diselenggarakan pada Sabtu 10 September 2016.

Sumber: Okezone

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *