Reach to Recovery Malang; Sahabat Para Penderita Kanker Payudara di Malang

Para penderita kanker payudara di Malang memiliki “sahabat” yang siap memberikan bantuan sosial dan psikologis yang tergabung dalam Reach to Recovery Malang (RRM). Komunitas ini merupakan salah satu breast cancer support group, beranggotakan puluhan survivor kanker payudara yang kemudian menjadi volunteer.

Kepada RRI Malang, Bendahara RRM, Hani Sanusi menjelaskan bahwa komunitas RRM terbentuk sejak 15 Agustus 2015, melalui acara Breast Cancer Gathering di bawah bimbingan Rumah Sakit Onkology Surabaya. Hingga saat ini, Senin (20/6/2016), ada sekitar 30 anggota aktif yang sering mengikuti kegiatan pendampingan dan kunjungan bagi para penderita kanker yang sedang dirawat.

“Kami mendampingi, mengunjungi dan membuka hotline service bagi penderita kanker payudara pada masa awal terdiagnosa, pretreatment, selama treatment, dan pasca treatment. Karena kami sudah mengalami sendiri semua tahapan itu, maka kami bisa berbagi pengalaman dan memberi kekuatan,” katanya.

Hani yang juga berprofesi sebagai dokter ini menambahkan bahwa setiap tahun di Malang Raya terjadi kecenderungan peningkatan penderita kanker payudara, bahkan di usia muda. Kebanyakan masalah yang dihadapi bukan hanya masalah fisik, tapi juga masalah sosial dan psikologis.

“Kalau didiagnosa kanker, biasanya perempuan down dan stress, merasa sebagai aib atau kutukan. Padahal itu tidak benar. Sehingga banyak yang  takut periksa atau menjalani teraphy. Tugas kami di sini memberi informasi yang benar, mendukung, mendampingi mereka agar kuat tidak merasa sendiri,” tambahnya.

Aanggota RRM yang lain, Asri Purwanti mengingatkan apabila seseorang didiagnosa  kanker agar mencari informasi yang benar kepada orang yang tepat agar ditangani dengan cepat, salah satunya RRM. Ia menyesalkan banyaknya penderita kanker yang meninggal karena memeriksakan diri saat sudah stadium lanjut, sehingga terlambat ditangani.

“Kanker harus dilawan dengan semangat dan berpikiran positif, tidak boleh stress. Karena stress justru membuat sel kanker tumbuh subur. Jangan khawatir, kanker sudah ada obatnya kok, asal cepat terdeteksi dan mendapat penanganan medis. Kami buktinya, kami hidup, kami sehat, segar dan semangat” tegasnya.

Baik Hani maupun Asri berpesan agar masyarakat penderita atau survivor kanker dapat bergabung bersama RRM dan berbagai kegiatan kampanye positif tenatng kanker payudara.

“Ayo lawan kanker bersama. Gabung saja bersama RRM, sekretariat kami di Jl. Candi Agung 1 No.18 Malang di nomor telpon 496023,” ajak Hani dengan semangat.\

Sumber: RRI

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *