Swagayugama: Komunitas Tari dan Karawitan Kepercayaan Kraton Yogyakarta

UKM Swagayugama merupakan unit kegiatan mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang lahir pada 6 Maret 1968 yang mempelajari kesenian klasik gaya Yogyakarta yakni tari dan karawitan. UKM Swagayugama mewadahi civitas akademika Universitas Gadjah Mada penggiat kesenian Jawa klasik gaya Yogyakarta Mataraman, khususnya tari dan karawitan dengan gendhing-gendhing klasik Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Swagayugma berasal dari Swa (mandiri), Ga (wadah), dan Yugama (manusia). Swagayugama dipercaya untuk mengisi acara pentas di Kraton Yogyakarta tiap dua bulan sekali.
UKM Swagayugama mempunyai visi “menjadikan kesenian Jawa gaya Yogyakarta yang adiluhung supaya tetap lestari”. Visi mulia ini senantiasa diusung dengan semangat “greget (dinamis dan penuh semangat), sawiji (berkonsentrasi tinggi), sengguh (percaya dengan kemampuan namun tidak menjadikannya sombong), ora mingkuh (tidak akan mundur dalam mewujudkan cita-citanya)”, UKM Swagayugama terus melakukan latihan secara rutin serta mengikuti pementasan-pementasan baik yang bersifat mandiri maupun undangan.
VISI 
Menjadikan kesenian Jawa Gaya Yogyakarta yang adiluhung supaya tetap lestari
MISI
Menggunakan prinsip-prinsip keaslian, kegunaan, dan kebaruan untuk menciptakan partisipasi luas masyarakat dalam pengembangan kesenian Jawa Klasik Gaya Yogyakarta Mataraman
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *