Siap Gowes Lintas Provinsi, Begini Cara Srikandi Bike2Work Jaga Stamina

Memeriahkan Hari Kartini 21 April mendatang, perempuan-perempuan pegowes yang tergabung dalam komunitas Bike2Work akan bersepeda menempuh jarak ratusan kilometer. Meski bukan atlet profesional, mereka punya tips menjaga stamina.

“Sebenernya lebih ke nutrisi. Maksudnya makan yang benar saja sudah cukup,” kata Aristi Prajwalita Madjid, Koordinator Seleksi Srikandi Inspirasi Bagi Negeri 2014, dalam jumpa pers di Ruang Kartini, Gedung Medan Merdeka, Jl Medan Merdeka Barat, Senin (14/4/2014).

Aristi yang berprofesi sebagai dokter umum mengatakan asupan buah dan sayuran sangat bagus saat bersepeda jarak jauh. Ia menyarankan untuk memperbanyak sumber pangan yang mengandung vitamin C. Jika tersedia, suplemen citamin C juga perlu dibawa.

Sebagai sumber energi, ia menyarankan sari kurma yang mengandung banyak gula. Konsumsi nasi terlalu banyak kurang disarankan, sebab proses mengubahnya menjadi gula butuh waktu 2 jam. “Yang ada dia malah lemas nantinya,” tambah Aristi.

Pisang juga bagus dikonsumsi, sebab kandungan kaliumnya sangat berguna untuk otot. Begitu pula dengan asupan protein, misalnya dari telur. Menurut Aristi, lebih baik makan nasi sedikit saja tetapi sayur dan buahnya diperbanyak.

Terdapat 21 perempuan yang akan mengikuti tur bersepeda jarak jauh, Srikandi Inspirasi Bagi Negeri 2014. Kegiatan yang akan digagas komunitas Bike2Work ini akan berlangsung dari tanggal 21 April 2014, dan dijadwalkan finish di Makassar pada 30 April 2014. Total jarak yang ditempuh mencapai 843 km.

Sumber: Detik Health

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *