Hoshizora Foundation: Panen Bintang-Bintang Masa Depan Indonesia

Berangkat dari kesadaran akan fenomena anak jalanan di Indonesia, ide dan konsep Hoshizora Foundation dipelopori oleh beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Jepang, yang ingin berbuat sesuatu untuk memastikan setiap anak Indonesia mendapatkan pendidikan yang layak. Perbedaan kehidupan di Jepang dan Indonesia, membuat mereka sadar bahwa dengan menyisihkan uang jajan mereka sehari saja, mereka dapat membantu satu anak Indonesia bersekolah.

Sejak saat itulah, mereka bersama-sama menyisihkan 1000 yen per bulan, yang kurang lebih senilai dengan uang jajan mereka sehari, dan mengirimkannya ke Indonesia. Kegiatan ini terus berkembang dan melibatkan lebih banyak orang, hingga akhirnya diresmikan sebagai organisasi pada tanggal 2 Mei 2006. Hoshizora Foundation meluncurkan program Kakak Asuhnya yang pertama pada tanggal 2 Mei 2006 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, yang menjembati hubungan Kakak Asuh (Kakak Bintang) dengan Adik Asuhnya (Adik Bintang) di Indonesia.

Nama Hoshizora Foundation diambil dari bahasa Jepang, yang berarti β€œlangit yang berbintang” (Hoshi: bintang, zora: langit). Nama ini melambangkan harapan kami agar setiap anak mempunyai cita-cita setinggi bintang di langit, dan berjuang untuk meraih cita-citanya. Hoshizora Foundation memberikan bantuan pendidikan untuk anak-anak di Indonesia, sebagaimana kita percaya bahwa pendidikan adalah kunci penting untuk mewujudkan cita-cita kita dan meraih masa depan yang cerah.

Sumber: Laman Hoshizora

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *