Komunitas Ngobrol NBA; Media Komunikasi Para Pecinta NBA

Komunitas Ngobrol NBA. Bicara basket sepertinya kurang sahih bilamana tidak melibatkan NBA di dalamnya.  Bola basket dewasa ini sudah terlanjur menjadi epidemi serta mengalami akselarasi tidak hanya dari segi permainan, tetapi juga pengetahuan. Sudah menjadi kebutuhan umum bagi mayoritas pecinta bola basket di dunia untuk peka dengan informasi tersebut.

Irril Darmawan, yang akrab dengan sapaan Irril, semakin tidak ingin tertinggal mengenai seluk-beluk NBA. Irril-pun melakukan manuver seputar dunia NBA. Berawal dari saat Irril menyaksikan duel NBA pada partai final antara Michael Jordan dari Bulls vs Magic Johnson dari Lakers tahun 1991. Debut itulah yang memprakarsai timbulnya kesan ketertarikan untuk mengenal NBA lebih jauh.

Pada momen yang sama, Irril-pun memutuskan untuk merintis diri sebagai kolektor kartu basket dan pernik lain beraroma basket. Bahkan Irril sempat tercatat sebagai salah satu kolektor kartu terbesar pada tahun 1994 [pada saat Jason Kidd dan Grant Hill masih berstatus rookie].

“Pada awalnya saya menyaksikan pertandingan NBA dari dalam negeri hanya melalui layar kaca saja. Kemudian tahun 2000 saya pergi ke Amerika. Di sana hampir setiap hari saya mengkonsumsi tayangan NBA, dan semakin membuat saya lebih gila lagi dengan NBA,” kilah Irril.

Latar belakang tersebutlah yang membuat Irril semakin gemar menjajaki info terkini tentang pertandingan NBA. Isu-isu sampai kabar otentik yang menarik tentang NBA pasti dicari. Irril pun memiliki ide untuk membuat akun Twitter yang khusus mengulas NBA. Ide iseng namun berimbas besar bagi komunitas NBA lovers akhirnya terlontar. Irril mengaku hanya membahas tentang info NBA di komunitasnya, karena ia hanya menguasai informasi basket seputar NBA.

Pada awal bulan Mei tahun 2011, akun Twitter dengan sebutan @ngobrolNBA resmi terbentuk. Demi mengembangkan forum diskusi yang menjadi wadah barter informasi segala hal mengenai ensiklopedia NBA, forum online di atas menjadi jawaban atas kebutuhan dari member NBA lovers.

“Bila terdapat pertanyaan atau bahan diskusi tentang NBA, saya senang menjawabnya. Ya walaupun tidak semua @mention di Twitter bisa saya jawab, tapi sebisa mungkin saya layani karena memang saya suka. So silahkan salurkan segala pertanyaan yang menarik tentang NBA ke akun Twitter @ngobrolNBA. Apalagi jika informasi tersebut gue anggap bisa mengedukasi teman-teman di komunitas ini,” promosi Irril.

Sekitar kurang lebih 4200 followers dari akun tersebut [selama empat bulan terakhir] adalah sebagai bukti akurat bahwa tanggapan positif dari NBA lovers mewakili komunitas. Bahkan sudah banyak dari teman-teman followers yang mengusulkan untuk membuat sub account Ngobrol NBA Bandung, Ngobrol NBA Jakarta, dan wilayah-wilayah yang lain.

Tidak saja melalui Twitter, NBA lovers juga dapat melayangkan pertanyaan-pertanyaan melalui Blackberry Messenger [BBM] yang turut menjadi sarana interaksi, dengan nomor pin 21525306.

Kecintaannya terhadap basket dan NBA membuat Irril ingin memfasilitasi komunitas tersebut. Hal tersebut menyeret Irril dalam pemikiran untuk melebarkan sayap lebih jauh. Melalui produksi newsletter seputar berita NBA, Irril mendistribusikan informasi seputar NBA Lockout kepada komunitas Ngobrol NBA sebagai sarana lain penyebaran informasi.

Kembali komunitas memberikan respon positif terhadap hal tersebut. Tidak sedikit di antara mereka [sekitar 600 orang] yang melampirkan alamat email untuk berlangganan newsletter tersebut. Bulan Agustus-pun menjadi bulan perdana terbitnya newsletter Ngobrol NBA.

Evolusi yang diawali dari komunitas kecil yang mengalami progres ini, memaksa eksistensi komunitas berjalan tidak biasa. Komunitas Ngobrol NBA telah melewati dua kali momen gathering bermain basket antar sesama follower sebagai ajang interaksi.

Kemudian agenda dalam waktu dekat menjelang NBA season 2011-2012 yaitu, sesi nonton bareng pertandingan NBA All Stars 2012 antar sesama komunitas Ngobrol NBA.

Rencana jangka panjang berikutnya akan menghadirkan kegiatan rutin bermain basket setiap minggu. Lalu Irril ingin bisa membuat suatu charity yang mana donaturnya adalah dari para followers itu sendiri.

Target dan harapan untuk forum online Twitter ini tidak muluk-muluk karena Irril melakukan semua ini atas dasar hobi semata. Namun Irril sendiri mempuyai ambisi agar komunitas ini semakin menjamur, dan diharapkan agar akun Twitter @ngobrolNBA ini mampu menjadi media komunikasi dua arah yang efektif bagi mereka yang haus akan informasi NBA.

Sumber: SPORTKU

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *