Kompakers Samarinda; Kompak Unggah Foto Sesuai Tema Setiap Harinya

Berawal dari akun Upload Kompakan yang merupakan komunitas foto di Instagram. Ada yang berbeda dengan komunitas ini, dimana setiap harinya para member akan ditantang untuk mengupload foto sesuai dengan tema foto yang diberikan. Tak disangka, peminatnya begitu banyak. Sampai saat ini, anggota Upload Kompakan sudah mencapai 55.500 member. Para member yang disebut “Kompakers” ini bukan hanya berada di Indonesia, bahkan di luar Indonesia. Dan juga terdiri dari para peminat fotografi mulai dari amatir sampai yang profesional. Melihat perkembangan kompakers yang begitu cepat, akhirnya diputuskan untuk membentuk perwakilan member UploadKompakan di setiap daerah. Dan akhirnya, terbentuklah Kompakers Samarinda sebagai salah satu perwakilan.

Kompakers Samarinda terbentuk sejak 26 Maret 2015. Digawangi oleh Hilda Febrianti, Aulia Sari dan Hesti.

“Awalnya cuma bertiga aja, kita upload foto dengan hashtag #kompakerssamarinda. Karena hashtag itulah terkumpul kompakers yang dari Samarinda” ujar Hilda Febrianti. Untuk bergabung disini, tidak ada persyaratan khusus. Syarat yang terpenting, sudah me-follow Instagram @UploadKompakan, domisili di Samarinda dan aktif ikut upload foto.

Berjalan 1 tahun lebih, Kompakers Samarinda memiliki 17 anggota tetap. Bergabung dengan Kompakers Samarinda tidak hanya akan menambah pertemanan, tentunya juga banyak ilmu tentang fotografi yang sering dibagi antar anggota. Hilda sebagai koordinator KompakersSamarinda atau yang akrab disapa “Bulur atau Ibu Lurah” berharap para anggota bisa semakin bertambah sehingga komunitas ini semakin luas dan dikenal di Samarinda.

Salah satu cara mengenalkan diri kepada masyarakat adalah dengan memberikan hal yang positif dan berguna bukan hanya untuk anggota tetapi untuk masyarakat luas. Kompakers Samarinda aktif memberikan workshop photography. Untuk kali pertama, Kompakers Samarinda ikut serta dalam kegiatan “Pesta Wirausaha Samarinda 2015” pada tanggal 1 – 4 Oktober 2015 lalu. Kompakers memberikan workshop mengenai “food photography” dan membuka stand untuk pengunjung yang ingin belajar langsung dan mengenal lebih dekat dengan Kompakers Samarinda.

Kegiatan kedua “food Photography” diadakan 13 Maret 2016. Kali ini bekerjasama dengan komunitas Baking Lover Community Samarinda (BLC Samarinda). Disini para peserta diberi pengetahuan tentang teknik foto makanan yang baik mulai dari pengenalan angle foto, pengaturan cahaya sampai styling makanan.

Menutup perbincangan kami, Hilda berharap kedepannya semakin banyak yang bergabung dengan Kompakers Samarinda dan semakin banyak ilmu yang bisa dibagi. Bagi yang tertarik bergabung, silakan cek Instagram @KompakersSamarinda. Oh iya, walaupun saat ini anggota Kompakers Samarinda adalah para wanita, tidak menutup kemungkinan untuk para pria bergabung disini.

Sumber: UNDAS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *