Komunitas Pendidikan Rumah Mandiri: Saling Berbagi Ilmu dan Diskusi Online

Komunitas Pendidikan Rumah Mandiri (KOPER MANDIRI) adalah komunitas kegiatan yang dipersembahkan sebagai kegiatan ekstrakulikuler untuk anak-anak homeschooling dan kegiatan afterschooling bagi anak sekolah. KOPER MANDIRI mengambil spirit homeschooling, yaitu pemberdayaan keluarga, dan bertujuan menginspirasi keluarga untuk melakukan kegiatan di rumah bersama anak-anaknya. Dibentuknya komunitas ini untuk memfasilitasi kebutuhan untuk saling berbagi ilmu, informasi atau diskusi tentang segala hal yang berhubungan dengan pendidikan rumah, bahan ajar, parenting dan segala yang berkaitan dengan pendidikan di rumah secara mandiri.

Dengan demikian, semua kegiatan di KOPER MANDIRI mengharapkan partisipasi aktif orangtua dan bisa menjadi titik awal ide dan motivasi bagi orangtua di rumah. Semua kegiatan dan lesson plan KOPER MANDIRI akan dibuat sesederhana mungkin sehingga bisa dengan mudah diadaptasi di rumah.

KOPER MANDIRI juga berperan sebagai wadah bagi para orangtua di seluruh Indonesia dan Jogja khususnya untuk berbagi banyak hal seputar Pendidikan Rumah Mandiri (Homeschooling). Juga mengedukasi (melalui beberapa praktisi di dalam KOPER MANDIRI) para orangtua dan masyarakat di seluruh Indonesia dan Jogja khususnya agar memahami konsep Pendidikan Rumah Mandiri/Homeschooling (PRM/HS) ini secara utuh. Sehingga PRM/HS ini dapat terealisasi dengan baik dalam keluarga. Karena keputusan untuk menjalankan PRM/HS dalam keluarga adalah keputusan seluruh elemennya (ayah, ibu, anak), bukan keputusan sepihak dari salah satu elemen. Sulit sekali PRM/HS itu dapat terselenggara bila orangtua atau anak masih memiliki paradigma yang kurang tepat mengenai PRM/HS.

Kami sering sekali melakukan diskusi-diskusi bergizi (baca:bermanfaat) seputar PRM/HS yang didasarkan pada referensi-referensi pakar Pendidikan Rumah. Untuk diskusi online, hampir setiap hari ada saja topik yang menarik untuk didikusikan di http://facebook.com/groups/koper.mandiri.jogja. Setiap bulan kami juga selalu mengagendakan kegiatan-kegiatan seperti Outdoor Activity (camping,kunjungan-kunjungan,dll), Workshop, Seminar, Indoor Activity (child zone,dll). Dalam waktu dekat insya Allah KOPER MANDIRI akan mengadakan FESTIVAL PENDIDIKAN RUMAH (FESPER – www.FestivalPendidikanRumah.com) yang akan dihadiri oleh keluarga di seluruh Indonesia.

Sekalipun KOPER MANDIRI ini bertopik Pendidikan Rumah Mandiri, namun semua anggotanya tidaklah harus para pelaku HS. Bahkan anggota KOPER MANDIRI juga diperuntukkan kepada insan yang belum berkeluarga (karena ilmu HS akan jauh lebih terencana penerapannya bila diketahui jauh sebelum orang tersebut berkeluarga). Sekalipun didirikan di Yogyakarta dan oleh insan Yogyakarta, namun komunitas ini terbuka bagi siapapun: keluarga, pendidik, orang-orang yang tertarik & peduli pada pendidikan rumah secara mandiri.

Sumber: Laman Koper Mandiri

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *