Peringati Sumpah Pemuda, Komunitas Bambu Runcing (KBR) Gelar Upacara dan Longmarch

28 Oktober merupakan hari yang bersejarah bagi Indonesia. Pada tanggal itu lahirlah sumpah pemuda. Komunitas Bambu Runcing (KBR) Surabaya menggelar longmarch dari Rumah Radio Bung Tomo melewati gedung Grahadi dan menuju ke Kantor Pemerintah Kota Surabaya sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2016) .
Pada pagi harinya, KBR telah melakukan upacara bendera di depan Rumah Radio Bung Tomo yang ada di jalan mawar. Dalam upacara bendera KBR menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan teks pancasila. Selanjutnya, karena memperingati Hari Sumpah Pemuda dibacakan pula teks Sumpah Pemuda.
Tujuan dari diadakannya peringatan Hari Sumpah Pemuda, menurut Gus Nur, koordinator aksi mengatakan, bentuk rasa cinta kepada bangsa Indonesia. Kemudian sebagai salah satu cara untuk menyemai jiwa merah putih juga. “Yang terpenting bisa menanamkan jiwa nasionalisme kepada generasi muda sekarang,” ujarnya.
Selain itu, lanjutnya, aksi longmarch juga membawa misi untuk mengingatkan pemerintah kota terhadap penistaan cagar budaya yang terjadi di rumah radio bung tomo.
“Massa aksi jumlahnya sekitar 300 orang. Itu berasal dari berbagai elemen masyarakat Surabaya,” tegasnya.
Sumber: Cendana News
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *