Peringati Sumpah Pemuda, Komunitas Belajar Damar Gelar Aksi Penanaman Pohon

Komunitas yang menamai dirinya Komunitas Belajar Damar menggelar kegiatan peduli lingkungan dan peduli pendidikan dalam memperingati hari Sumpah Pemuda tahun ini.

Mengambil lokasi di RW 07, Kampung Parung Ponteng, Desa Tajur, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, yang merupakan salah satu wilayah yang cukup sulit dijangkau di Kabupaten Bogor, Komunitas Belajar Damar menggandeng puluhan orang yang terdiri dari pelajar sekolah dasar, biker, hingga kelompok warga untuk melakukan aksi penanaman pohon damar di wilayah tersebut, Sabtu (29/10/2016).

Ketua pelaksana kegiatan Munandar Ahmad kepada bogorpos mengatakan tujuan kegiatan adalah untuk mengugah kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

“Menurut kami hal sederhana yang bisa dilakukan untuk peringatan sumpah pemuda adalah membangun kesadaran terutama generasi muda agar selalu peduli terhadap kondisi lingkungannya,” kata dia.

“Pohon Damar kami pilih sebagai pohon yang ditanam karena sesuai dengan nama komunitas kami,” imbuhnya.

Proses menanam pohon damar di wilayah tersebut, sambung Munandar, tidaklah mudah karena medan yang dihadapi cukup sulit. “Peserta kegiatan harus melalui jalan perbukitan yang cukup menantang, terutama saat kepulangan karena turun hujan,” tuturnya.

Namun berkat kegigihan, kekompakan, dan pengalaman terutama para biker, kegiatan penanaman pohon dapat dituntaskan dengan baik.

Selain menanam pohon, komunitas belajar damar juga memberikan bantuan beasiswa kepada 20 orang pelajar dari SDN Tajur 7, Kabupaten Bogor. “Dalam hal peduli pendidikan, kami berikan beasiswa untuk 20 pelajar berprestasi, bingkisan, dan pakaian layak pakai,” ujarnya.

Sementara, Ketua Komunitas Belajar Damar, Deni Hidayat Mukti menjelaskan, kegiatan semacam ini bakal dijadikan agenda rutin komunitas.

“Ini akan kita jadikan agenda tahunan. Kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini yakni, Warga RW 7 Parung Ponteng, SDN Tajur 7, CIRC, fasilitator Kotaku Kabupaten Bogor, sahabat damar, dan AMY Center, kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya,” tukas Deni.

Sumber; Bogor Pos

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *