Cara Pasang Oil Catch Tank (OCT) Agar Toyota Great Corolla Lebih Responsif

Bagi para pecinta Toyota Great Corolla yang berada di Tanah air, bila mengalami tenaga tunggangannya kurang responsif, mungkin bisa mengikuti saran dari komunitas Great Corolla Club (GCC). “Jangan takut dulu, sebagian orang pasti mengira mesinnya bermasalah, namun kemungkinan hanya karena pembakarannya kurang sempurna,” ujar Rizky Adrianto, member GCC.

Mengatasi masalah tersebut, anggota komunitas GCC sudah menemukan solusi yang cukup membantu, yakni memasang oil catch tank (OCT) custom. “Di samping pemasangannya sangat mudah, harga yang ditawarkan juga murah,” tambah member GCC no.308 itu. Fungsi OCT adalah menangkap uap oli mesin yang terisap oleh saluran manifold masuk ke dalam ruang bakar.

Sehingga udara yang masuk ke dalam ruang bakar benar-benar bersih, tidak tercampur oleh uap oli mesin. Hasilnya dapat menekan polusi gas buang, sekaligus menyempurnakan pembakaran di ruang bakar. Hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp 175 ribu, sudah bisa mendapat 1 set OCT universal. Bagi yang ingin pasang sendiri, bisa ikuti panduan di bawah ini. • 

  • Satu set OCT sudah termasuk selang berbahan anti panas (polyurethane) berukuran 8×12 mm, neple besi + botol kaca. Untuk merakitnya dibutuhkan waktu 10-15 menit.
  • Setelah 2 pasang slang terpasang, pasangkan klem besi kepada ujung slang, lalu kencangkan dengan obeng bintang.
  • Pasang bracket OCT, lalu kencangkan dengan cable ties agar lebih kuat. Setelah dikencangkan, pasang bracket di rumah sokbreker menggunakan mur baut berukuran 10 mm.
  • Ada 2 macam ukuran slang, yang berukuran 50 cm sambungkan kepada jalur oli yang keluar dari kepala silinder. Setelah itu, masukkan slang yang berukuran 60 cm ke manifold. Yang perlu diperhatikan, di atas filter tersebut tertera tanda segitiga yang harus menghadap depan.

Sumber; OTOMOTIFNET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *