Mau Tampil Gaya Dengan Jok Rally, Tapi Semibucket? Begini Caranya!

“Jok reli itu pakai bawaan pabrik. Tapi itu dulu, kurang lebih pada saat reli era 1970-1980-an. “Makin ke sini, tentunya aturan yang dibuat semakin ketat dan safety buat driver juga co driver,” kata Amroe Wahyudi dari FK30 (Forum Komunitas Klub dan Komunitas Otomotif) yang juga penyuka aliran modifikasi bergaya reli.

Seperti balapan pada umumnya, maka jok yang dipakai buat reli diseting permanen. Artinya enggak bisa maju atau mundur dan tegak maupun rebah, hanya pas dengan posisi duduk pengemudinya. Ini yang biasanya disebut dengan jok bucket. Tapi untuk mobil harian yang ingin bergaya reli, enggak perlu menggunakan jok permanen.

Kalau dipakai dalam jangka waktu lama, malah akan kurang nyaman dan ujung-ujungnya juga berurusan dengan safety driving. Sebab ada jok yang bergaya racing, namun tetap bisa diseting seperti jok standar. Dengan kata lain kenyamanan dan kemanan pengemudi akan lebih terjaga.

Untuk pemakaian harian, tentu sudah cukup dengan jok yang seperti itu atau biasa disebut semi bucket,” kata Isa Surya Nurmuhammad, owner KZero Tuning di Tanah Kusir, Jaksel. Mengganti jok standar bawaan pabrik jadi semibucket, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Meski demikian, Isa meyakinkan bahwa penggantian itu bisa dilakukan pada semua jenis mobil yang hendak tampil bergaya reli. Hal pertama yang harus dilakukan dalam urusan seting jok semibucket, pengemudinya harus datang sendiri. Ini urusannya dengan tinggi rendah dari setingan letak jok yang hendak dipasang.

Pelat besi berbentuk L (siku), dipakai sebagai dudukan untuk menentukan tinggi rendah letak jok. Ada 2 model cara pasang dudukan ini, yakni di atas rel untuk maju mundur dan di bawah. “Untuk yang posisi paling atas, itu untuk seting jok yang menggunakan rel universal.

“Sedangkan pemasangan dudukan yang posisinya di bawah, kalau masih menggunakan rel asli bawaan jok semi bucket.”” ungkap Isa.

Sport Atau Comfort

Bagi yang terpaksa menggunakan rel universal, bisa dicari di toko aksesori dengan harga jual sepasang Rp 400 ribu. Sedangkan bagi yang masih menggunakan rel asli, maka ongkos pembuatan dudukan jok plus seting banderolnya sekitar Rp 800 ribu.

Bagaimana dengan pilhannya? Di komunitas penyuka gaya reli, jok tersebut dibagi menjadi 2 pilihan. Pertama yang sport dan berikutnya yang comfort. “Untuk tipe sport ada lobang untuk jalur safety belt dan jok seperti ini merupakan copotan dari mobil jenis sport.

Contohnya seperti bawaan Nissan Skyline, Mitsubishi Evolution dan lain-lain. Model seperti Recaro tipe LX yang memiliki head rest jaring atau LS, dibilang jenis comfort,” jelas Amroe. Sedangkan bahan yang dipakai, biasanya kulit atau dari fabric. Pilihan mereknya banyak kok, selain Recaro ada Simpson, TRD, Sparco dan lain-lain. Soal harga, kalau baru kisarannya Rp 18-25 juta dan bila belinya seken Rp 6-18 juta. •

Sumber: OTOMOTIFNET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *