Rayakan Hari Jadi Ke- 15 Tahun, Komunitas SEKANJI Gelar Berbagai Aksi Peduli Lingkungan

Komunitas SEKANJI adalah Komunitas Pecinta Alam, yang dibangun oleh Otniel, Iwan, Pitoy dan Ari pada tanggal 1 Januari 2001. Komunitas yang sudah beranggotakan cukup banyak ini dibangun sebagai wujud rasa kepedulian mereka dengan kelestarian alam. Visi Utama Komunitas ini yaitu menjaga dan melestarikan ekosistem alam serta mendorong sumber daya alam yang seimbang untuk meraih puncak-puncak tertinggi.

Komunitas ini didirikan sebagai wadah untuk melakukan kegiatan di Alam Terbuka seperti hiking. Namun seiring berjalannya waktu, komunitas ini tidak hanya menjadi wadah pendakian, melainkan untuk melakukan hal-hal yang membuat mereka lebih mengerti tentang arti pecinta alam. Seorang pecinta alam tidak hanya semata-mata melakukan pendakian, melainkan harus lebih peduli akan kelestarian alamnya dengan cara melakukan hal kecil untuk melestarikan alam, seperti tidak melakukan Vandalisme, tidak memetik bunga Edelwis, tidak melakukan pembakaran apapun kecuali dalam keadaan mendesak, dan tidak membuang sampah sembarangan.

Komunitas SEKANJI (Setia Akan Janji) berarti setia melakukan pendakian bersama dalam keadaan susah maupun senang. Filosofi ini didaptkan dari selama perjalanan yang telah dilakukan secara bersama-sama dan akan dengan terus selama meraka melakukan kegiatan yang berhubungan dengan alam. Selain mempunyai kegiatan sendiri, komunitas yang pada tanggal 1 Januari 2016 kemarin baru saja mengadakan Anniversary yang Ke-15 tahun nya ini juga pernah mengadakan kegiatan dengan Komunitas lain, seperti hard Walking 65KM yang diikuti oleh 24 Komunitas, penanaman mangrove di Muaragembong yang diikuti oleh 33 komunitas, pendakian bersama gunung Papandayan “Opsih) yang diikuti 5 komunitas, dan Opsih atau Operasi bersih Curug Parigi yang diikuti 20 komunitas. Selain itu komunitas ini juga pernah melakukan pembenahan “Tugu Gunung Burangrang-Bandung”, serta penanaman bibit bakau/mangrove dan Bakti sosial di Muaragembong dan Penggalangan Dana untuk Donasi Bencana di Banjarnegara.

Di Anniversarynya yang ke-15 tahun kemarin, dibuka oleh Team SaveMugo yang memberikan pengarahan sekaligus edukasi tentang kondisi muaragembong kepada Komunitas SEKANJI ini. Acara dilakukan dengan kegiatan Bakti Sosial, dan penanaman pohon mangrove (Mangroving) serta serah terima jabatan dari Ketua sebelumnya Bpk. Sugiarto (giar) kepada Ketua SEKANJI yang baru, yaitu Otniel Kurniadi, ST.

“Buat kalian yang ingin bergabung bersama kami, tidak ada syarat khusus kalian cukup ikut ngumpul bareng dan sharing. Harapan Komunitas ini untuk kedepannya adalah menjadi lebih baik lagi dan lebih terstruktur.” Ujar Dicky.

Sumber: SEKANJI

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *