Perempuan Sumatera Mampu (PERMAMPU); “Perempuan Sumatera Otonom Atas Tubuhnya, Sehat dan Kreatif”

Perempuan Sumatera Mampu (PERMAMPU), berdiri November 2012, terdiri dari 8 LSM Per-empuan yang telah bekerja di wilayah pedesaan, miskin kota serta perempuan muda sejak tahun 90an; telah melihat berbagai permasalahan yang menyangkut pengetahuan, kesadaran dan akses perempuan terhadap kesehatan tubuh dan reproduksinya. Perempuan juga mengalami berbagai bentuk kemiskinan (multidimensi).

Kemiskinan ini khas perempuan yang diakibatkan posisi yang tidak setara dengan laki-laki, keterbatasan akses terhadap berbagai fasilitas dan informasi, penentuan peran sosial dan biologis yang dianggap sebagai kodrat; merupakan akar masalah yang dihadapi perempuan tersebut. Pikiran dan tubuh mereka dikontrol oleh berbagai bentuk kebiasaan, tradisi, norma, aturan, nilai bahkan hukum formal yang berlaku. Perempuan menjadi objek dari semua bentuk aturan, sementara itu yang membuat aturan pada umumnya adalah laki-laki dan penguasa. Perempuan pada umumnya harus menerima dengan patuh.

Berdasarkan temuan penelitian kualitatif PERMAMPU tahun 2014, perempuan miskin kota, perempuan pedesaan, dan perempuan muda telah dan lebih rentan mengalami masalah KTD dan pembatasan HKSR. Mereka mengalami aborsi tidak aman, perkawinan dan kehamilan anak/usia dini, dan terbatasnya peraturan untuk perlindungan HKSR. Hak-hak perempuan untuk kesehatan seksual dan reproduksi adalah mendasar untuk dapat bergerak menuju penguatan diri, untuk mampu berjuang melawan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan yang membuat per-empuan miskin dan dimiskinkan, dan untuk dapat mencapai kesetaraan dan keadilan gender.

Sumber: PERMAMPU

Sumber Foto: Suara Perempuan Pesada

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *