DAKU Papua: Dunia Seru Remaja Papua Demi Papua Yang Sejahtera

DAKU! Papua adalah kurikulum berbasis komputer yang mengkombinasikan pengembangan keterampilan teknologi informasi dan ekspresi kreatif dengan pendidikan kesehatan dan hak-hak seksual. Kurikulum ini mengacu pada kombinasi dari tiga prinsip pendekatan: Perkembangan remaja, Perubahan Perilaku dan Hak Asasi Manusia.

DAKU! diadaptasi dari sebuah program yang pernah mendapatkan penghargaan, The World Starts With Me (WSWM) yang dikembangkan oleh World Population Foundation (WPF) dan Butterfly Works untuk para remaja di Uganda. DAKU! pertama diujicobakan di Jakarta pada tahun 2006 dan kemudian dijalankan di Jambi, Lampung dan Bali pada tahun selanjutnya. Tahun 2007 DAKU! juga diadaptasi untuk digunakan oleh anak-anak di Lapas Anak, pelajar tuna rungu dan tuna netra.

DAKU! kemudian diadaptasi lagi oleh WPF dan Yayasan Santo Antonius (Yasanto) pada tahun 2010 di Merauke-Papua sehingga bisa sesuai dengan konteks setempat. Dari hasil kerja bersama kelompok kerja guru dan siswa dari tiga sekolah menengah atas dan kejuruan di Merauke, lahirlah DAKU! Papua.

DAKU! Papua mewujudkan Remaja Papua yang sehat, kreatif, dan paham atas hak-haknya demi masa depan Papua yang sejahtera.

Sumber: Laman Facebook DAKU! Papua

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *