MOJOKERTO CRAFTER COMMUNITY; Wadah Para Perempuan Kreatif

Berawal dari sebuah grup sosial media Facebook yang dibentuk oleh Mb Febrina Bayu sebagai Founder MCC Facebook Grup, yang berisi perempuan2 kreatif di berbagai bidang yang memiliki satu kesamaan yaitu : sama-sama perempuan, dan sama-sama di lingkungan Mojokerto. Berkumpul untuk saling berbagi informasi tentang dunia kreatif, bertukar ide dan pikiran, serta bertukar ilmu.

Masing-masing pun memiliki beraneka macam keahlian kerajinan tangan yang berbeda-beda. Antara lain : Sulam Pita, Sulam Benang, Rajut, Aplikasi Perca, Aplikasi Resleting, Aplikasi Flanel, Aplikasi Renda dan Aksesoris Manik & Kawat. Justru dengan forum ini maka kerajinan tangan yang dihasilkan pun semakin bervariasi.

Hingga pada awal tahun 2013, empat dari mereka mengawali sebuah pertemuan secara offline dalam bentuk pameran bersama di sebuah event tahunan Ulang Tahun Kota Mojokerto. Dengan kemampuan seadanya dan aturan-aturan yang belum begitu matang mengundang anggota grup facebook tersebut untuk turut serta menjual kreasinya masing-masing. Kemudian setelah kegiatan tersebut barulah berkumpul lagi untuk mematangkan segala sesuatunya sehingga terbentuk sebuah komunitas yang nyata.

 MCC kemudian secara resmi terdiri dr berbagai jenis CRAFT, dr mulai : patchwork, quilt, flanel, tas zipper, sulam benang, sulam pita, kerajinan manik, Perhiasan kawat, Rajut, Tas Lukis, kerajinan perca, kerajinan jahit mukena, jilbab, dll. 

Anggota MCC terdiri dari emak emak dan embak2 kreatif yang berkelompok dengan tujuan untukmengembangkan diri dan saling mendukung. Untuk Komunitas online (facebook) memiliki cakupan wilayah keanggotaan yg cukup luas, yaitu dari bbg wilayah kabupaten dan kota mojokerto, bahkan ada yg dr luar kota yang masih dalam jangkauan sejam perjalanan, misal : Krian, Jombang dan sekitarnya. 

Dari Komunitas Online tersebut dibuatlah peresmian Kelompok secara Offline, namun secara resminya terdaftar sebagai Pra Koperasi di wilayah Kota Mojokerto, dengan kegiatan yg bervariatif, seperti : Arisan, Koperasi, Workshop, Bedah Produk, Bazar Mini, Pameran2. Tahun 2014 dan 2015 lalu MCC mengadakan sebuah Kegiatan SWADAYA berjudul “MCC PARADE WORKSHOP & BAZAR” dengan Logo “Mencerdaskan Perempuan Indonesia” untuk memperingati setahun resminya kelompok ini dibuat.

Di beberapa kegiatan pertemuan rutin bulanan selalu diselingi kegiatan workshop, sharing, arisan, dan rembug untuk kegiatan2 kreatif lain nya. Banyak sekali keseruan, kebersamaan, suka dan duka bersama yang telah dilalui. Bahkan antar anggota sudah lebih seperti saudara, karena kelompok ini terbentuk karena persaudaraan. Hal lain yang kemudian didapat adalah bonus berharga yang memberikan begitu banyak pengalaman secara moril dan materiil.

Sumber: Mojokerto Crafter Community

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *