Indonesia Diaspora Network: Integrasikan Diaspora Indonesia di Seluruh Dunia

Dengan jumlah sekitar 8 juta orang, Diaspora Indonesia berada di kisaran 3% dari total jumlah penduduk di Indonesia dan  tersebar di tujuh benua yakni Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Afrika, Eropa, Asia dan Australia. Mereka menetap di luar negeri untuk belajar atau bekerja dengan berbagai latar belakang etnik, agama,serta beragam tingkat ekonomi dan pendidikan. Sehingga Diaspora Indonesia ini memiliki beragam ide, potensi dan keahlian.

Di samping itu, terdapat banyak sekali perusahaan luar negeri yang memiliki ketertarikan dan terkoneksi dengan Indonesia. Sehingga para diaspora Indonesia yang bekerja di perusahaan luar negeri ini bisa turut memaksimalkan potensi dan peluang yang ada untuk kemajuan bangsa.

Besarnya potensi Diaspora Indonesia dalam kemajuan bangsa dan dunia khususnya di sektor sosial dan ekonomi ini pun mendorong mereka membentuk organisasi bernama “Indonesian Diaspora Network” untuk membentuk jaringan dan mengintegrasikan Diaspora Indonesia di seluruh dunia. IDN ini terbentuk sebagai hasil diskusi di sesi “The Way Forward” dalam acara Congress of Indonesian Diaspora (CID) di Los Angeles 2012 dan CID II 2013 di Jakarta.

IDN kemudian membentuk kelompok kerja untuk mengimplementasikan program ataupun advokasi baik di dalam maupun luar negeri. Adapun lingkup kerjanya berupa: isu seputar WNI dan WNA, buruh TKI, Promosi Warisan Budaya dan Kuliner, Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Antariksa, Perkotaan Layak Huni, Pengelolaan dan Kerjasama dengan Pemerintah, serta Teknologi dan Ilmu Pengetahuan.

Sumber: Laman Indonesia Diaspora Network

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *