Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman Indonesia: Jadikan Mahasiswa Agen Perubahan Tingkat Minat Bahasa Jerman di Indonesia

Diawali dari sebuah diskusi kecil dari mahasiswa bahasa Jerman dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Padjajaran (UNPAD) dan Sekolah Tinggi Bahasa Jerman (STBA) tentang keinginan untuk lebih mengikatkan tali silaturahim antar sesama mahasiswa bahasa Jerman se-Indonesia di Bandung, kemudian tercetus gagasan untuk membuat sebuah organisasi mahasiswa bahasa Jerman se-Indonesia.
Pada tahun 2003 direncakan perkumpulan pertama mahasiswa-mahasiswa bahasa Jerman se Indonesia, pada awalnya pertemuan akan diadakan di Bandung, namun kebanyakan mahasiswa ingin melakukan pertemuan di ibukota Indonesia yaitu di Jakarta, akhirnya Kongres Pertama dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 17 Juli 2003, setelah berdiskusi akhirnya para mahasiswa tersebut menyadari bahwa perkembangan bahasa Jerman di Indonesia tidak sebaik yang seharusnya, oleh karena itu, mereka mencetuskan ide bahwa untuk meningkatkan perkembangan bahasa Jerman di Indonesia harus ada peran mahasiswa sebagai Agent of Change. Hingga akhirnya acara perkumpulan ini tidak hanya sebagai perkumpulan biasa, tapi dengan resmi organisasi mahasiswa bahasa Jerman se-Indonesia dibentuk, akhirnya dengan kesepakatan bersama organisasi ini diberi nama Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jerman Indonesia (IMBSJI).
Sumber: Laman IMBSJI
Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *