Peringati Hari Amal Bakti ke-71, Dharma Wanita Persatuan Kemenag Bireuen Gelar Aksi Donor Darah

Memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-71 Kementerian Agama, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Bireuen menggelar aksi donor darah sebagai bentuk dari aksi nyata amal bakti bagi banyak orang.

Selain dapat membantu mereka yang membutuhkan darah, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dokter dari Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat Jakarta, Riyani, mengatakan, ada puluhan manfaat dari donor darah. Menurutnya, donor dapat menjaga sirkulasi darah, sekaligus mengetahui tekanan darah yang normal dan tidak normal.

Selain itu, donor darah juga dapat menurunkan risiko terkena serangan stroke, membantu deteksi masalah kesehatan, nemperbaiki fungsi hati, mendapatkan kesehatan psikologis, dan mengetahui karakteristik darah seseorang (kental atau cair).

“Bagi mereka yang konsisten mendonorkan darah, regenerasi sel darah merah akan terjadi 48 jam pasca donor darah. Dalam waktu tersebut, volume darah akan benar-benar terganti dengan yang baru,” papar Riyani, Selasa (3/1).

Sebelum melakukan donor, pendonor harus melakukan pemeriksaan kelayakan. Dokter harus memastikan kondisi kesehatan pendonor, misalnya tidak dalam kondisi sakit atau berat badan tidak kurang dari batas yang ditentukan. Karenanya, pendonor diminta bersabar menanti hasil pemeriksaan terlebih dahulu sebelum melakukan proses donor.

Sumber: KABARE

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa liputan acara komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *