Cara Ganti Lampu Belakang Suzuki Ertiga Lebih Mewah Ala BMW

Salah satu modifikasi ringan yang mudah diterapkan dan membuat penampilan berubah, adalah mengganti lampu. Kalau lampu depan biasanya dari model bohlam biasa ke jenis proyektor. Sedang lampu belakang adopsi jenis LED. Nah yang terbaru untuk Suzuki Ertiga, ada lampu belakang LED mirip sedan terbaru BMW.
Saat menyala, timbul garis-garis dari pancaran LED, sehingga terlihat beda dan kesannya lebih mewah. “Karena mirip lampu BMW, jadi sering dibilang model BMW,” ujar Teguh Riyadi, dari Ertiga Club Indonesia (ERCI) chapter Tangerang yang kebagian mengurusi penjualan aksesori.
Produk merek Yuan Zheng ini ada 4 pilihan tergantung warna mika, yaitu black, all smoke, clear white dan red smoke. Kalau menyala tetap sesuai peraturan, sein kuning, rem merah dan mundur putih. “Harganya Rp 2 juta dan dapat bonus rear fog lamp,” imbuh Teguh.
Bagaimana cara pasangnya? Ternyata mudah banget! Seperti diterangkan Agung Gede Anom, Service Manager Suzuki Kebon Jeruk, Jakbar. Alat yang dibutuhkan hanya kunci T10 dan obeng minus kecil. Pertama buka pintu bagasi, lalu konsentrasi ke bagian lampu. Pakai kunci T10, lepas 2 baut pemegang lampu belakang, posisinya jelas terlihat di sisi dalam.
Setelah baut terlepas, tarik secara perlahan lampunya ke arah belakang, karena di sisi depan dan tengah ada semacam rel. Setelah itu ambil obeng minus untuk melepas soket yang nempel ke bodi. “Ada klip di sisi samping, dorong pakai obeng untuk membukanya,” terang Anom. Tarik kemudian lepas soketnya juga pakai obeng. Kemudian pasang deh lampu yang baru. Cakep kan?
Sumber: OTOMOTIFNET

1 Comment

  1. benny says:

    bisa minta tolong dengan foto close upnya pak?saya kesulitan melepas lampu belakang,karena susah sekali ditarik,takutnya kalo dipaksa ad yg patah atau putus, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *