Srikandi Nusantara; Para Wanita Penantang Adrenalin

Komunitas ini terbentuk karena adanya rasa kesamaan. Entah itu kesamaan dalam visi, misi, atau bahkan hobi. Bila hobi yang memicu adrenalin seperti mendaki atau panjat tebing itu identik dengan kaum lelaki, namun berbeda dengan Komunitas Perempuan Petualang Indonesia atau Srikandi Nusantara ini. Ya, komunitas yang beranggotakan wanita-wanita cantik namun tangguh ini merupakan salah satu komunitas penantang adrenalin yang gemar melakukan kegiatan pendakian dan panjat tebing.

Di base camp-nya yang berlokasi di jalan Albaidho gg. H. Deih no 67, Lubang buaya, Cipayung-Jakarta Timur, Dinny Masyita, selaku ketua komunitas menceritakan kalau tujuan Komunitasi yang berdiri sejak 21 April 2012 ini dibentuk karena ingin mewadahi perempuan-perempuan yang gemar berkegiatan di alam terbuka agar bisa saling mengenal, bertukar pengalaman dan informasi satu sama lain.

“Jadi ceritanya komunitas ini terbentuk pertama kali itu saat digelarnya ekspedisi Sabang-Marauke. Di sana kita lihat masing-masing mapala dari setiap daerah yang ikutan itu bawa bendera masing-masing dan cenderung memisahkan diri. Dari dasar itulah akhirnya kita cewek-cewek berinisiatif untuk bergabung menjadi satu dengan bendera Srikandi Nusantara,” kenang wanita yang akrab disapa Teh Dini ini.

Layaknya pecinta alam pada umumnya. Anggota komunitas ini telah menjelajahi berbagai daerah yang ada di Indonesia. Agenda seperti mendaki, travelling, arum jeram atau pun panjat tebing sudah banyak mereka lakoni. “Dulu pernah ke Merbabu, Merapi, Gede, Papandayan, dan masih banyak lagi,” ungkap Teh Dini bangga.

Untuk keanggotaannya sendiri, hingga saat ini Srikandi Nusantara sudah memiliki lebih dari 1.872 member yang tergabung dalam grup facebook, dengan member aktif sekitar 500-an orang. “Kalau ada lagi yang mau ikutan gabung, biasanya kami verifikasi dulu, tentang kebenaran dari pemilik akun yang ingin gabung di grup, apakah benar-benar perempuan. Setelah kami kroscek, biasanya baru di accept,” ujarnya.

Lebih lanjut, Komunitas Srikandi Nusantara ini juga sering melakukan berbagai agenda kegiatan. Seperti membuat talkshow, workshop, kampanye lingkungan, donor darah, di acara Jambore Srikandi Nusantara yang baru digelar pada April kemarin, dan beberapa waktu yang lalu juga, 5 anggota srikandi nusantara ikut berpartisipasi dalam rangka ekspedisi NKRI 2015 yang digelar oleh pemerintah.
Sumber: JITUNEWS

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

1 Comment

  1. Srikandi mampirlah ke Magetan.. kita ada banyak Tebing yang siap di explorasi lagi.. 😀 tempat wisata di Kota kami juga gak kalah dari daerah lain.. jadi Kuy Main ke Magetan 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *