Marine Diving Club UNDIP; Selamatkan Terumbu Karang Di Wilayah Pulau Jawa

Terbentuk pada 28 Oktober 1991, Marine Diving Club Kelautan Universitas Diponegoro, Semarang hingga kini telah banyak melakukan kegiatan-kegiatan penyelaman khususnya penyelaman ilmiah yang biasa diikuti oleh para pecinta komunitas selam baik dari kalangan mahasiswa hingga masyarakat umum. Di Jawa Tengah sendiri MDC terkenal dengan kegiatan tahunannya yaitu “Reef Check Karimunjawa” yang diadakan di kepulauan Karimunjawa Jepara, Semarang. Kegiatan ini dilakukan untuk memonitoring kesehatan terumbu karang di kawasan Kepulauan Karimunjawa agar daerah terumbu karang di sana tetap terjaga.

Selain Reefcheck, MDC juga memiliki kegiatan rutin yang biasa diikuti oleh anggota MDC dan peserta umum baik dari kalangan mahasiswa dan masyarakat yaitu Sertifikasi Selam, Ekspedisi Corallium, Ekspedisi Carreta, Open Recruitmen, Embrio (pelatihan selam) dan Expo MDC.

MDC telah konsisten untuk tetap berkarya dan terus berkembang dalam komunitas selam ini dengan selalu mengadakan kegiatan-kegiatan konservasi dan pelatihan. MDC pun telah memiliki banyak prestasi yang telah dicatatkan seperti tiga rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) yaitu pemrakarsa Catur Bawah Laut (2007), Kuliah Bawah Laut (2010), dan yang terakhir Underwater photography (2013). MDC juga melakukan upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka HUT RI ke-62 di kolam renang Manunggal Jati, Semarang (17 Agustus 2007) dan upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka HUT RI ke-63, di Karimunjawa, Jepara (17 Agustus 2008).

MDC telah banyak menjalin mitra kerjasama di bidang kelautan baik dengan pihak pemerintah maupun non pemerintah seperti, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Balai Taman Nasional (BTN), Dinas Pariwisata dan Budaya, Dinas Pemuda dan Olahraga, World Wild Foundation (WWF-Indonesia), The Nature Conservacy (TNC-Indonesia Marine Program), Conservation International (CI), Coral Triangle Center (CTC), dan Yayasan ReefCheck di Bali.

Sumber: Inforitel

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

1 Comment

  1. Teguh says:

    Mohon izin gabung diving club

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *