6 Tips Merawat Kacamata Selam/Masker Standar Internasional

Punya masker atau kacamata selam tapi bingung merawatnya? disini akan dibongkar 6 cara untuk merawat masker anda agar tetap terjaga dengan baik untuk umur yang panjang. namun sebelumnya pentingkah masker itu dirawat? Jawabannya adalah sangat penting.

Kenapa penting?
Masker adalah faktor paling pengting ketika kita berada dalam laut. Masker / kacamat selam merupakan satu-satunya jembatan mata kita akan dapat melihat jelas segala hal yang berada di dalam air. Dengan menggunakan ruang kosong udara didalamnya akan membuat mata kita bisa melihat sekeliling.

Bagaimana jika masket rusak? Kerusakan timbul karena banyak faktor

  • Bisa diakibatkan kualitas alat yang jelek meskipun baru dibeli
  • Bisa juga karena perawatan yang tidak benar

Faktor pertama mungkin jelas jawabannya adalah LEMBIRU / LEMPAR GANTI BARU. Namun Faktor yang kedua inilah yang membutuhkan kasih sayang khusus dari sang pemilik.

Tips Merawat Masker Selam Tetap Nyaman

  1. Cek karet di sekitar masker apakan masih berfungksi dengan baik, usahakan agar tetap pada kondisi lentur, jika sudah kaku maka segera gantilah
  2. Cek juga apakah ada kebocoran pada silikon masker, jika ada segelahlah diganti
  3. Periksa gasper pada bagian keliling kaca masker, apakah ada terdapat retakan yang bisa membuat kebocoan bahkan lebih parah
  4. Saat melakukan pencucian gunakanlah bilasan air tawar mengalir, kemudian rendam dengan air tawar hangat, keringkan dengan cara digantung sebelum disimpan
  5. Tempatkan masker pada ruang longgar agar tidak terjadi gesekan yang bisa menyebabkan kerusakan fisik dan kebojoran
  6. Gunakan pasta masker / bisa juga pasta gigi sebelum malakukan penyelaman agar tidak buram saat digunakan

Demikian sedikit tips dari kami untuk merawat dan menyimpan masker / kacamata selam anda agar tetap baik dan nyaman dipakai.

Pastinya bagi para ahli dive memiliki trik khusus lainnya untuk melakukan perawatan sebelum maupun pasca melakukan penyelaman. Bagi yang ini share teknik lainnya mengenai perawatan masker bisa beri komentar dibawah.

Sumber: Komunitas WANADRI

Foto dari OKEZONE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *