Komunitas Jinga; Satukan Anak Muda Penggemar Komik Jepang

Dari keunikan gambarnya yang bervariasi, kartun yang berasal dari Jepang rupanya banyak diminati oleh remaja di Kota Bekasi yang tergabung dalam Komunitas Jinga.

Effendi (26) salah satu pendiri Komunitas Jinga mengatakan, komunitas ini dibentuk sejak tahun 2010 dari berbagai kelompok anak muda yang suka menggambar manga atau komik Jepang.

“Tapi untuk pokusnya Komunitas Jinga pada tahun 2015, sering melakukan seminar bagi para pelajar untuk mengenal cara membuat kartun komik. Kita ajari gambar lebih original karakter sendiri, gambar bercerita dan pewarnaannya,” katanya, Minggu (23/10).

Lanjut Effendi, selain menggambar komik Jepang, seperti doraemon, ultramen dan pokemon, saat ini Komunitas Jinga juga sering menggambar cerita-cerita sejarah dari berbagai daerah di Indonesia, seperti cerita si Pitung, Jampang dan Prabu Siliwangi.

“Kami selalu terbuka untuk menjadi salah satu anggota dari komunitas ini, karena hobby yang sama akan semakin menyenangkan bila dihabiskan bersama teman yang memiliki kegemaran yang sama,” imbuhnya.

Lebih jauh Effendi menjelaskan, kegiatan dari komunitas pecinta manga pun terbilang mirip dengan komunitas-komunitas lain. Mereka sering mengadakan perkumpulan-perkumpulan, mengadakan event yang berhubungan dengan manga, bahkan mengadakan acara gathering pada setiap tahunnya.

Pada setiap bulannya, mereka juga mengadakan acara-acara serta mengikuti event rutin misalnya saja koleksi tentang manga, games, dan juga kuis untuk mempererat tali persaudaraan sesama anggota komunitas.

“Mereka yang tergabung merupakan remaja- remaja yang berbakat dan bisa mengapresiasikan apa yang mereka miliki sebagai salah satu pecinta manga,” pungkasnya.

Sumber: SUARA LUMEN

Siarkan Beritamu Sekarang!
Redaksi komunita.id menerima tulisan berupa profil komunitas untuk dipublikasikan. Panjang tulisan minimal 2 paragraf. Kirim artikel ke [email protected]. Jika tulisan sudah pernah dimuat di blog atau situs media online lainnya, sertakan pula link tulisan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *